3 Makanan Legendaris Khas Ponorogo yang Menggugah Selera

Asawaja News- Ponorogo terletak di Jawa Timur menyimpan segudang keunikan kuliner yang sangat nikmat. Banyak sekali makanan khas dari Ponorogo yang wajib diburu oleh para wisatawan saat bertandang kesana. Ada beragam tekstur makanan yang unik sehingga menambah cita rasa yang lezat pada setiap bumbu yang digunakan.

Kamu dapat mencicipi semua jenis makanan yang ada di daerah ini apabila mempunyai waktu yang cukup selama berlibur. Berikut tiga daftar makanan legendaris khas Ponorogo yang wajib kamu cicipi:

1.Sego Tahu
Sego tahu atau yang dalam bahasa Indonesia mempunyai arti nasi tahu adalah salah satu makanan khas dari Ponorogo. Sajiannya memang tampak sederhana tetapi jangan salah, soal rasa yang ditawarkan sangat luar biasa.

Dari namanya saja sudah terlihat, apabila sajian dari kuliner sego tahu ini berisi nasi, irisan beberapa buah tahu kemudian disiram menggunakan sambel kecap. Namun, supaya Kelezatannya semakin bertambah, kamu bisa menambahkan irisan sayur kol dan juga taoge mentah, serta kacang dan taburan bawang goreng diatasnya. Kamu juga bisa menambahkan beberapa taburan seledri jika suka. Sego tahu ini akan semakin nikmat apabila disajikan bersama dengan kerupuk juga segelas es teh manis. Membayangkannya saja sudah membuat ngiler ya!

2.Serabi kuah Ponorogo
Selanjutnya, ada kuliner yang tak kalah menggoda yaitu bernama serabi kuah Ponorogo. Sama halnya dengan serabi pada umumnya yang dibuat menggunakan tepung beras dan juga santan. Serabi ini biasanya disajikan menggunakan sebuah mangkok. Ada sebagian orang yang tidak menyukai serabi berkuah, namun serabi khas dari Ponorogo ini bisa dinikmati bersama dengan parutan kelapa. Makanan yang ini bisa kamu jumpai dengan mudah di berbagai sudut kota yang ada di Ponorogo, mulai dari pinggir jalan hingga pasar tradisional.

3.Tiwul Goreng
Makanan khas dari Ponorogo selanjutnya cukup unik yaitu Tiwul goreng. Hanya saja, kuliner yang satu ini memang sudah cukup sulit untuk dijumpai. Tiwul sendiri dibuat dari gaplek yang dihasilkan dari singkong yang sudah dikupas terlebih dahulu, kemudian direndam di dalam air yang jernih. Singkong siap untuk dimasakin ketika sudah berubah warna menjadi cokelat.

Makanan yang satu ini sebenarnya juga sangat terkenal di daerah lainnya di Jawa, lho. Yang membuat tiwul khas Ponorogo ini berbeda dengan daerah yang lainnya ialah cara penyajian tiwul yang digoreng terlebih dahulu serta dinikmati bersamaan dengan ikan endemis daerah tersebut yaitu ikan ‘ngongok’ goreng.

Nah, itulah tadi beberapa daftar kuliner legendaris lezat nan nikmat khas Ponorogo, semoga bermanfaat ya. (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *