Resep dan Cara Mengolah Nasi Tiwul

Aswaja News – Nasi tiwul adalah makanan tradisional dari Indonesia yang terbuat dari singkong. Makanan ini populer di beberapa daerah di Indonesia, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Nasi tiwul memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya lezat. Berikut adalah resep dan cara mengolah nasi tiwul:

Bahan-bahan:

  • 500 gram singkong (peel and slice)
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air matang
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:

  1. Kupas kulit singkong dan potong-potong menjadi bagian kecil.
  2. Cuci singkong yang telah dipotong dengan air bersih untuk menghilangkan getah yang bisa membuatnya terasa pahit.
  3. Kukus singkong hingga benar-benar matang dan lembut. Ini bisa memakan waktu sekitar 30-40 menit tergantung pada ukuran potongan singkong.
  4. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin.
  5. Setelah dingin, tumbuk atau haluskan singkong yang telah dikukus menggunakan alu atau cobek hingga benar-benar lembut. Jika Anda tidak memiliki alu atau cobek, Anda juga bisa menggunakan food processor atau blender.
  6. Tambahkan garam ke singkong yang telah dihaluskan dan aduk rata.
  7. Tuangkan air matang sedikit demi sedikit ke dalam singkong yang telah diberi garam, sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur dengan baik dan teksturnya kalis. Pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak air, karena nasi tiwul harus tetap kenyal.
  8. Setelah semua tercampur, siapkan daun pisang sebagai pembungkus. Ambil sejumput nasi tiwul dan bungkus dalam daun pisang, kemudian rapatkan.
  9. Ulangi proses ini hingga semua nasi tiwul habis.
  10. Kukus nasi tiwul dalam daun pisang selama sekitar 30 menit hingga matang dan aroma daun pisang tercium.
  11. Setelah matang, nasi tiwul siap disajikan.

Nasi tiwul dapat disantap langsung atau dihidangkan dengan lauk pendamping seperti sayur labu siam, ayam, atau sambal. Rasanya yang kenyal dan gurih membuat nasi tiwul menjadi hidangan yang lezat dan cocok untuk dinikmati dalam berbagai kesempatan.

Selamat mencoba membuat nasi tiwul di rumah! (Ans)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *