5 Kuliner Khas yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Ponorogo

Aswaja News- Selain terkenal dengan kesenian reog, Ponorogo juga memiliki beragam kuliner yang enak dan khas seperti sate, nasi pecel dan dawet jabungnya yang legendaris. Ponorogo adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung Barat Jawa Timur yang langsung berbatasan dengan Jawa Tengah. Terkenal dengan kesenian reog yang unik, ternyata Ponorogo juga menyimpan banyak aneka wisata kuliner enak dan murah yang wajib dicoba.

Kabupaten Ponorogo atau yang sering dikenal dengan nama Kota Reog ini memiliki berbagai macam hidangan dengan cita rasa yang khas. Nah, jika Anda berniat untuk mengunjungi Ponorogo, belum lengkap jika Anda tidak mendatangi beberapa wisata kuliner yang ada. Berikut daftar tempat wisata kuliner di Ponorogo yang wajib anda kunjungi ;

1.Rumah Makan Joglo Manis
Kuliner Ponorogo yang patut dicoba adalah Rumah Makan Joglo Manis. Joglo Manis merupakan salah satu wisata kuliner yang populer dan menjadi list incaran masyarakat dari berbagai daerah. Mulai dari wisatawan asal Ponorogo sendiri, luar kota, luar provinsi, luar pulau, hingga luar negeri pun berdatangan ke sini.

Rumah makan Joglo Manis ini menyediakan berbagai menu masakan Jawa hingga olahan seafood. Berikut beberapa menunya ialah sop iga bakar, udang telur asin, salad Jawa dan berbagai menu lainnya. Ciri khas makanan yang disajikan sesuai dengan kriteria makanan Ponorogo, yaitu pedas dan gurih. Pecel Ponorogo yang memiliki keunikan rasa berbeda ini pun disediakan di sini.

Lokasi: di Jl. Sultan Agung No.52, Bangunsari,Kec.Ponorogo, Kab. Ponorogo Jawa Timur.

2.Sate Ayam Ngepos Ponorogo
Ponorogo memang identik dengan ragam kuliner sate ayamnya. Salah satu yang cukup terkenal adalah Sate Ayam Ngepos Ponorogo. Tempat ini merupakan perkumpulan beberapa tukang sate yang berada dalam satu area dan lokasinya sudah cukup familiar bagi penikmat sate di kota reog ini. ika anda memilih menikmati santap sate ayam di tempat, Sate Ngepos bisa jadi opsi utama. Sate Ngepos dibakar secara langsung dalam posisi mentah, dengan bumbu bakar berupa kecap dan minyak sayur, dan disajikan dengan siraman saus/sambal kacang yang gurih membuat Sate Ayam Ngepos menjadi sangat lezat!

Lokasi: di Jl. Gajah Mada, RT.1/RW.7, Bangunsari, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

3.Sate Ayam Pak Tukri Sobikun
Selanjutnya ada tempat sate ayam yang juga tidak kalah legendaris. Tempat kuliner satu ini sudah berdiri dan menjual sate ayam sejak tahun 1991, walaupun dahulu saat jaman penjajah sudah ada keluarga dari bapak Tukri yang berjualan. Sate Ayam Ponorogo Haji Tukri Sobikun merupakan salah satu penggagas penjual sate di daerah Ponorogo. Tempat ini pun termasuk dalam list wisata kuliner terpopuler di kalangan masyarakat.

Lokasi: Jl. Lawu Gg. Sate No.43 K, Hasanudin, Nologaten, Kec. Ponorogo, Kab. Ponorogo, Jawa Timur.

4.Soto Borang Ponorogo
Ponorogo juga memiliki soto yang cukup terkenal, yakni soto borang. Soto borang merupakan makanan khas Ponorogo yang sudah ada sejak tahun 1983. Biasanya soto ini terdiri dari daging ayam tusuk, tauge, kol, tomat, irisan daun bawang, telur rebus, bawang goreng, hingga perasan jeruk nipis. Soto borang terkenal memiliki cita rasa yang segar dan lezat.

Selain rasanya yang lezat dan nikmat tentunya kuliner ini memiliki harga yang terjangkau dan juga pelayanan yang ramah. Jadi bagi pecinta soto bisa datang ke Soto Borang Jenangan.

Lokasi: Jl. Niken Gandini, RT.02/RW.04, Singosaren, Kec. Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

5.Dawet Jabung
Rekomendasi kuliner di Ponorogo yang terakhir, Selain aneka makanan, Ponorogo juga punya minuman khas. Namanya, Dawet Jabung. Minuman ini berasal dari Desa Jabung Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Es dawet satu ini berbeda dengan umumnya. Jika kebanyakan es dawet hanya terdiri dari es, cendol, dan santan.Di dalam es dawet Jabung, terdapat cendol, ketan hitam, es, santan, gempol, dan kadang ditambah dengan potongan buah nangka. Gempol terbuat dari tepung beras yang dibuat bulat-bulat.

Es dawet Jabung ini juga terkenal akan mitos yang beredar di kalangan masyarakaat Ponorogo. Pembeli tidak diperbolehkan meminta tatakan atau piring kecil tempat mangkuk es dari penjual. Jika pembeli memintanya, konon katanya, pembeli disuruh menikah dengan penjual dawet. Es dawet Jabung bisa kamu peroleh dengan harga kurang dari 5 ribu rupiah, lho.

Lokasi: di Jl. Raya, Dusun 2, Jabung, Mlarak, Ponorogo Regency, Jawa Timur. (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *