Bupati Ponorogo Lepas Kontingen Raimuna Daerah Ke XI Kwarda Jatim

Aswaja News – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Jumat (10 November 2023) melepas Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Ponorogo menuju Raimuna Daerah Ke XI 2023 di Bumi Perkemahan Prigi Trenggalek yang menjadi perkemahan besar Pramuka Penegak dan Pandega di Jawa Timur.

Kang Giri – panggilan akrab Bupati Ponorogo -sebagai Kamabicab mengatakan “Pramuka sebagai salah satu wadah pengembangan diri diharapkan mampu menjadi motivasi bagi generasi muda di Kabupaten Ponorogo untuk berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Ponorogo”.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Kang Giri menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kwarcab Pramuka Kabupaten Ponorogo yang telah mempersiapkan kontingen Pramuka Tabanan untuk berpartisipasi dalam Raimuna tingkat Daerah atau Propinsi.

“Kegiatan ini dapat mereka jadikan sebagai wahana untuk meningkatkan prestasi dalam bidang kepramukaan. Saya bangga pengembangan generasi muda segera terwujud di Ponorogo dalam mengikuti Raimuna Daerah Ke XI yang merupakan kegiatan pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega seluruh Jawa Timur ini agar senantiasa menjaga sportifitas, kejujuran dalam bertingkah laku, serta menjaga nama baik Pramuka Ponorogo” kata Bupati di halaman pendopo kabupaten usai menyalami para peserta Raimuna.

Ditambahkan, ia berharap dengan pelatihan yang telah dijalankan selama ini, para peserta bisa mengatasi segala situasi dan dapat meraih prestasi maksimal dalam perhelatan tahun ini, sehingga mampu mengharumkan nama Ponorogo di tingkat Jawa Timur.

“Tunjukkanlah kemampuan dan keterampilan untuk meraih prestasi dan mampu membawa kepramukaan Kabupaten Ponorogo berkontribusi dalam mewujudkan visi Pemkab Ponorogo menuju kota kreatif” tegas Kang Giri.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Ponorogo Dr. H. Sumani, M.Pd menjelaskan Raimuna Daerah Gerakan Pramuka adalah perkemahan besar Pramuka Penegak Pandega yang dikemas dalam kegiatan edukatif di alam terbuka dengan nuansa ceria dibalut dengan persaudaraan dan penuh dedikasi dengan tujuan mencetak Pramuka yang berprestasi sebagai kader pemimpin di masa depan.

Sesuai dengan ketentuan Juknis Raimuna Daerah Tahun ini, Kwarcab Ponorogo terdiri 9 Sangga yang terdiri dari 72 peserta didik penegak (45 orang putra dan 32 orang putri) yang berasal dari beberapa Gugus Depan sebagai berikut:

  1. SMKN 1 Badegan.
  2. SMKN 1 Slahung.
  3. SMKN 1 Ponorogo.
  4. SMAN 1 Badegan.
  5. SMAN 1 Slahung.
  6. SMAN 1 Ponorogo.
  7. SMAN 1 Balong.
  8. MA Al Islam Joresan.
  9. MA Al Mawaddah.
  10. PP Modern Gontor.

Kegiatan Raimuna Daerah Ke XI ini akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Prigi, Watulimo Cibubur, Trenggalek dari tanggal 16 – 21 November 2023. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *