Mahasiswa KPM INSURI Adakan Pembinaan Bilal Tahlil Perempuan

Aswaja News – Sabtu, 29 Juli 2023. Kelompok 03 Kuliah Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo mengadakan kegiatan Pembinaan Tahlil untuk ibu-ibu di Lingkungan Krajan Dukuh Krajan Desa Bekiring.

Pembinaan ini dibimbing secara langsung oleh Bapak Kyai Jemangin selaku Ta’mir Masjid Al-Hikmah. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Al-Hikmah setelah jamaah salat maghrib dengan pertimbangan menyesuaikan dengan waktu luang yang dimiliki oleh ibu-ibu di Lingkungan Krajan. Karena mayoritas bermata pencaharian sebagai petani yang bekerja pada siang hari.

Pada dasarnya, kegiatan Yasinan bulanan di Lingkungan Krajan sudah terpisah antara kegiatan bapak-bapak dan ibu-ibu. Namun, pada kegiatan yasinan ibu-ibu masih ada satu atau dua orang bapak yang hadir untuk memimpin bacaan tahlil.

Hal ini mendorong anggota Kelompok 03 KPM INSURI Ponorogo untuk memikirkan bagaimana solusi agar ibu-ibu menjadi mandiri dalam memimpin bacaan tahlil. Selain itu, melihat adanya potensi dari beberapa ibu yang sudah memiliki kemampuan bacaan al-qur’an dirasa akan cukup mampu dalam memimpin bacaan tahlil tersebut.

Pembinaan ini dipandu oleh saudari Ria Puspita Ayuningtyas selaku pembawa acara. Dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembinaan yang disampaikan oleh Bapak Kyai Jemangin. Bacaan tahlil tersebut dibacakan terlebih dahulu oleh pembina, kemudian dijelaskan bagaimana arti dan maksud dari lafadz yang dibaca agar ibu-ibu memahami dengan benar maksud dari teks tahlil. Hal tersebut bertujuan agar ibu-ibu mampu menunjukkan emosi yang sesuai dengan teks tahlil untuk menunjang kekhusyukan para jamaah.

Setelah itu, satu persatu kandidat pembinaan membaca ulang teks tahlil sesuai dengan yang sudah dicontohkan oleh pembina. Semoga dengan adanya kegiatan ini ibu-ibu mampu untuk melaksanakan kegiatan yasinan secara mandiri. Dan untuk selanjutnya akan diadakan pembinaan lebih lanjut setiap minggunya agar pembacaan dapat lebih lancar.(mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *