Perang Gratis

Oleh: Rosadi Jamani (Dosen UNU Kalbar)

Sebelumnya saya sudah membahas BPJS Gratis yang sudah dikampanyekan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Tagline BPJS Gratis ini membuat nama PSI naik.

Saya kira hanya PSI yang kampanye gratis, ternyata Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pun tak kalah. Partai besutan Nahdhlatul Ulama (NU) bukan hanya satu objek yang mau digratiskan, melainkan dua objek. Kalah ni PSI.

Apa yang mau digratiskan partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu? Pertama, Listris Gratis. Wow..lebih dahsyat lagi. Tapi, bukan untuk semua pelanggan, melainkan pelanggan 450 va, pelanggan listrik yang banyak di pedesaan. Hitungannya masuk sih. Lumayan ni, soalnya pelanggan meteran terendah ini sangat banyak.

Objek kedua yang mau digratiskan, Pupuk Gratis. Cerdas, di saat pupuk langka dan mahal, PKB mengusung pupuk gratis. Tapi, tak semua digratiskan, khusus petani yang memiliki lahan 0,5 hektare ke bawah. Yang lebih dari itu tidak gratis.

PKB basis utamanya memang di desa. Wajar bila pembelaannya banyak pada petani. Apalagi Kemendes itu menterinya dari PKB.

PSI dan PKB sudah mulai massif gratis-gratisan. Ditunggu partai lainnya. Jangan mau kalah soal gratis. Rakyat fine-fine saja. Bila perlu ngasih makan rakyat gratis agar tak ribut lagi soal perut, hehehe.#camanewak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *