Serah Terima Kirab Pemilu Tahun 2024 Jalur IV oleh KPU Kabupaten Trenggalek kepada KPU Kabupaten Ponorogo

Dalam rangka menyongsong Pemilu tahun 2024, KPU Ponorogo (Rabu, 12/07) laksanakan serah terima kirab Pemilu jalur IV dari KPU Kabupaten Trenggalek yang dilaksanakan di halaman KPU Kabupaten Ponorogo Jl.Soekarno Hatta No.401 Ponorogo. Kedatangan KPU Kabupaten Trenggalek disambut meriah oleh KPU Kabupaten Ponorogo dengan diiringi 18 bendera Partai Politik yang terdaftar di KPU dan berbagai kesenian daerah Ponorogo seperti Pagelaran Budaya pertunjukan Reyog Ponorogo dan Gajah-gajahan.


Kegiatan Penerimaan Bendera Kirab di Kantor KPU Kabupaten Ponorogo dihadiri oleh kurang lebih 1500 orang yang terdiri dari Forkopimda, Bawaslu, PPK, PPS, dan Perwakilan dari Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2024 juga dihadiri langsung oleh Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur Nanik Kartini. Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.00 WIB dengan diawali dengan sarapan pagi bersama yang disediakan gratis oleh KPU Ponorogo di sepanjang jalan area sekitar KPU ponorogo.


Apel Kirab Pemilu Tahun 2024 dimulai setelah peserta kirab selesai sarapan pagi dan dilanjutkan flashmop Jingle Pemilu yang dipimpin oleh Irawati yuwono dan diikuti seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 21 Kecamatan serta seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 307 Desa di Ponorogo.


Melalui sambutanya, ketua KPU Kabupaten Ponorogo, Munajat, menyampaikan,”serah terima kirab Pemilu tahun 2024 sebagai sarana integrasi bangsa, kepada seluruh masyarakat agar melaksanakan atau menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2024”, ujarya.
Tujuan dari kegiatan Kirab Pemilu Tahun 2024 ini adalah Sosialisasi memperkenalkan Partai Politik Peserta Pemilu 2024; Sosialisasi Jingle Pemilu 2024; Sosialisasi Pendidikan Pemilih; Sosialisasi Hari Pemungutan Suara 14 Februari 2024, Sosialisasi Terdaftar sebagai Pemilih Pemilu 2024; Pelaksanaan Kirab Pemilu 2024 dilaksanakan dengan baik; juga memberikan edukasi kepada masyarakat umum.


Pelaksanaan Kegiatan Kirab Pemilu 2024 berlangsung selama 6 (enam) hari sejak hari Rabu, 12 Juli 2023 sampai dengan hari Minggu, 17 Juli 2023 pada Enam (6) Dapil di Kabupaten Ponorogo kemudian akan bendera Kirab akan diserahkan kepada KPU Pacitan pada tanggal 18 Juli 2023 mendatang dan dilanjutkan ke Gunung kidul DIY.


Usai prosesi penyerahan bendera kirab Pemilu dari KPU Kabupaten Trenggalek kepada KPU Kabupaten Ponorogo dilanjutkan dengan pelaksanaan deklarasi Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa juga penandatanganan deklarasi dan penyerahan maskot Pemilu kepada Forkopimda Ponorogo. Adapun isi deklarasi tersebut adalah sebagai berikut: mewujudkan Pemilu tahun 2024 sebagai sarana integritas bangsa; melaksanakan Pemilu tahun 2024 secara langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil; melaksanakan Pemilu 2024 yang berintegritas dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil; mewujudkan Pemilu tahun 2024 untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.


Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko S.E M.M juga turut hadir menyampaikan, ” mari sosialisasikan dan tingkatkan partisipasi pemilih agar terwujud Pemilu yang damai, jujur dan adil untuk Indonesia yang lebih baik,” . (fit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *