Kang Bupati Sugiri Buka Rangkaian Haul ke- 276 Kiai Ageng Muhammad Besari

Aswaja News – Hampir tiga abad sudah Kiai Ageng Muhammad Besari wafat. Selama itu pula, peninggalannya begitu dirasakan umat dan namanya dikenang hingga saat ini. Untuk memperingati wafatnya beliau, Yayasan Kiai Ageng Muhammad Besari didukung Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo menggelar Haul ke – 276 Kiai Ageng Muhammad Besari, 31 – 4 Juni 2023.

Bersamaan dengan Majelis Dzikir Maulidurrasul SAW, rangkaian haul dibuka oleh Kang Bupati Sugiri Sancoko, Kamis (31/5/2023), di Kompleks Masjid Tegalsari. Rangkaian haul akan dilanjutkan dengan simaan al-Quran hufadz se Kabupaten Ponorogo serta tahlil qubro dan ambengan, Kamis (1/6/2023).

Di hari Jumat (2/6) digelar lomba Pildacil, dilanjutkan festival banjari, Sabtu (3/6). Di hari terakhir, Minggu (4/6), dilaksanakan kirab budaya dan penutupan haul dengan pengajian akbar yang diisi Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya dan KH Miftah Maulana Habiburrohman (Gus Miftah).

Haul ke-276 Kiai Ageng Muhammad Besari, ungkap Kang Bupati, merupakan langkah mengenang sekaligus mengenalkan leluhur kepada generasi – generasi setelahnya. Selain sebagai ungkapan terima kasih atas jasa besar Kiai Ageng Muhmmad Besari, haul penting untuk menularkan spirit perjuangannya kepada generasi saat ini.

“Kita semua tahu besarnya jasa dan peninggalan beliau bagi kita. Spirit beliau mari kita jaga dan teruskan untuk membangun Ponorogo dan Indonesia,” ungkap Kang Bupati.

ANF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *