Tips Membersihkan Kepala Kambing Hasil Qurban Idul Adha


Aswaja News – Membersihkan kepala kambing memang terlihat rumit, tetapi sebenarnya cukup mudah dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat. Dimulai dari memisahkan bagian-bagian kepala, membersihkan kotoran, hingga menghilangkan bau kambing yang menyengat

berikut beberapa cara yang bisa lakukan untuk membersihkan kepala kambing hingga siap dimasak.

1. Membersihkan Bulu

Langkah pertama dalam membersihkan kepala kambing adalah menghilangkan bulu-bulu yang ada. Untuk mempermudah proses ini dan menghemat waktu, kepala kambing bisa direbus terlebih dahulu hingga matang. Hal ini akan membuat bulu-bulu di area kepala kambing menjadi mudah dicabut.

Saat merebus kepala kambing, pastikan untuk membolak-baliknya agar seluruh area bulu terendam air panas. Setelah matang, angkat kepala kambing dan biarkan dingin sejenak. Kemudian cabut bulunya menggunakan tangan.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan pisau tajam atau cutter untuk mengerok bulu. Jika masih ada bulu yang sulit dicabut, siramkan air panas pada area tersebut agar bulu lebih mudah dicabut.

2. Membakar Kepala Kambing

Selain merebus, bulu pada kepala kambing juga bisa dibersihkan dengan cara dibakar. Tempatkan kepala kambing di atas bara api dan pastikan untuk membolak-balikkan agar terbakar merata. Proses pembakaran ini efektif untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang menempel.

Setelah kepala kambing cukup gosong, angkat dan bersihkan bulunya dengan mengerok menggunakan pisau tajam. Kerok semua bagian kepala secara menyeluruh hingga bulu-bulu halu benar-benar hilang.

3. Mencuci Kepala Kambing


Setelah semua bulu dicabut, langkah berikutnya adalah mencuci kepala kambing sampai benar-benar bersih. Mulailah dengan menyiapkan ember berisi air. Kemudian, masukkan kepala kambing ke dalam ember dan gosok dengan tangan untuk membersihkannya.

Selanjutnya, bilas kepala kambing di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel. Pastikan seluruh bagian kepala kambing terkena aliran air untuk hasil yang optimal.

4. Merebus Kepala Kambing

Kepala kambing sering kali mengeluarkan aroma prengus, terutama setelah dibakar untuk membersihkan bulunya. Untuk menghilangkan aroma tersebut, kepala kambing yang sudah dibersihkan bisa direbus kembali.

Saat merebus, tambahkan beberapa rempah seperti daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk. Proses perebusan ini sebaiknya dilakukan selama kurang lebih 30 menit atau sampai aroma prengus benar-benar hilang.

5. Memotong Bagian Kepala Kambing

Setelah bau prengus hilang, kepala kambing dapat dipotong-potong untuk diolah lebih lanjut. Biasanya kepala kambing dipotong menjadi beberapa bagian, termasuk mengeluarkan bagian tertentu seperti mata, lidah, dan telinga.

Bagi sebagian orang, bagian-bagian tersebut mungkin terlihat menakutkan untuk dikonsumsi, namun bukan berarti tidak bisa dimakan. Setelah dipisahkan, bagian mata, lidah, dan telinga harus dibersihkan lagi dengan air bersih.

Selain bagian-bagian tersebut, otak kambing juga dapat dikonsumsi, tetapi pastikan untuk membuang pembuluh darah dan selaput otak terlebih dahulu. Sedangkan bagian-bagian lain dari kepala kambing cukup dicuci dengan air bersih sebelum diolah menjadi berbagai hidangan.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan kepala kambing, detikers bisa memastikan hidangan saat Hari Raya Idul Adha tetap lezat dan menggugah selera. Jadi, nikmati masakan kepala kambing yang lezat tanpa aroma yang kurang sedap!. (mus)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *