1O Manfaat Sereh Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Aswaja News- Sering sekali digunakan sebagai bahan masakan, ternyata sereh menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. ereh biasa digunakan sebagai bahan masakan. Tumbuhan ini juga dimanfaatkan untuk menambah cita rasa dan aroma minuman hangat, seperti teh atau wedang secang. Siapa sangka, meski kerap berperan sebagai pelengkap, serai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat sereh untuk kesehatan bisa bantu mengobati infeksi mulut dan gigi hingga membantu menurunkan berat badan. Di bawah ini 10 manfaat sereh yang perlu kamu tahu.

1.Mengobati Masalah Mulut dan Gigi
Serai mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang. Menurut penelitian yang diterbitkan melalui Journal of Contemporary Dental Practice, senyawa antimikroba dalam minyak esensial serai sanggup melawan Streptococcus mutans. Streptococcus mutans adalah bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi mulut dan kerusakan gigi.

2.Mengatasi Peradangan
Peradangan adalah kondisi yang dapat memicu beragam masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke. Berdasarkan Memorial Sloan Kettering Cancer Center, senyawa utama dalam serai, yaitu citral dan geranial berperan sebagai agen antiperadangan. Keduanya diduga bisa membantu menghentikan peradangan tertentu di tubuh kamu.

3.Baik untuk Saluran Pencernaan
Apabila kamu mengalami masalah pencernaan, cobalah minum teh serai. Khasiat sereh dapat membantu mengatasi gangguan cerna, seperti sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah riset pada hewan yang dilakukan Journal of Young Pharmacists menunjukkan bahwa serai juga efektif melawan tukak lambung. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lanjutan pada manusia untuk mengonfirmasi hal ini.

4.Mengeluarkan Racun
Teh serai dipercaya memiliki efek antioksidan bagi tubuh. Selain berperan melawan radikal bebas, minum teh sereh dianggap dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

5.Bantu Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat serai untuk kesehatan berperan sebagai zat diuretik. Artinya, serai bisa membuat kamu lebih sering buang air kecil. Khasiat ini berasal dari kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam sereh. Nah, peningkatan pengeluaran urine bisa menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

Sebuah riset menyebutkan bahwa teh serai bermanfaat menurunkan tekanan darah sistolik. Meski begitu, teh serai menyebabkan efek samping berupa peningkatan tekanan darah diastolik dan penurunan detak jantung. Karenanya, jika kamu memiliki masalah jantung, disarankan untuk menggunakan serai secukupnya.

6.Mengendalikan Kadar Kolesterol dalam Darah
Sereh selama ini kerap digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan di dalam sereh diyakini bisa membantu memperlancar aliran darah, menjaga fungsi hati, dan membatasi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Menurut riset yang dimuat Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, ekstrak minyak serai berperan menurunkan kolesterol hewan. Namun, tetap diperlukan studi lanjutan pada manusia untuk mengonfirmasi manfaat daun sereh satu ini.

7.Bantu Turunkan Berat Badan
Teh serai digunakan sebagai detoks untuk mendukung proses metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Khasiat ini tidak lepas dari kemampuan sereh sebagai diuretik. Minum teh sereh tanpa gula dalam jumlah cukup disertai dengan pola diet sehat dapat membantu menurunkan berat badan kamu. Agar manfaatnya optimal, hindari minuman ringan dan minuman manis selama menjalani diet, ya!

8.Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam sereh sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut. Konsumsi rutin ekstrak sereh terbukti dapat memelihara kecantikkan kulit dan rambut secara alami.

9.Meredakan Hidung Tersumbat
Apakah kamu mengalami pilek disertai hidung tersumbat? Cobalah minum teh serai. Konsumsi teh sereh dapat membantu mengeluarkan dahak dan meredakan hidung tersumbat.

10.Memelihara Daya Tahan Tubuh
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam sereh dapat membantu menjaga daya tahan tubuh kamu. Berbagai kandungan antioksidan di dalam sereh juga diklaim bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh. (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *