Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan

Aswaja News – Apa yang terpikir dalam benak Anda ketika mendengar kata gula merah?Tentu yang terpikir adalah gula berwarna merah kecokelatan dengan rasa manis yang khas.

Gula merah sendiri biasanya memiliki bentuk seperti tabung atau silinder, berwarna cokelat terang. Namun, ada juga sebagian yang berbentuk seperti batok kelapa dan dijual dipasaran.

Gula merah terbuat dari sari atau nira batang tumbuhan palem atau kelapa. Makanan yang satu ini biasanya dijadikan bahan untuk membuat kuah kolak hingga cendol.

Tapi banyak yang belum tahu bahwa gula merah memiliki kandungan manfaat yang luar biasa jika dikonsumsi dengan cara mencampurkannya dengan air hangat, lalu diminum di setiap pagi.
Penasaran apa saja manfaatnya? Dilansir Grid.ID, berikut berbagai manfaat air gula merah.

  1. Mencegah sembelit

Masalah perut seperti kembung dan sembelit bisa diatasi dengan minuman ini. Air gula merah bisa membantu mempercepat proses pencernaan dalam tubuh, sehingga buang air akan lancar setiap hari.

  1. Membantu diet

Gula merah kaya akan potasium, magnesium, vitamin B1, B6, dan vitamin C. Bahkan, juga bisa membantu membakar kalori ekstra.

Dalam satu gram gula, kalorinya jauh lebih tinggi dibandingkan gula merah. Jadi gula merah bisa dijadikan pilihan untuk campuran makanan atau minuman bagi kamu yang sedang diet.

  1. Perawatan kulit

Masalah jerawat dan perubahan warna kulit bisa diatasi dengan minuman ini. Bahkan, air gula merah juga bisa membantu memperlambat proses penuaan.

4.mencegah insomnia

Gula merah bisa menjadi antidepresan yang baik sangat.
Minum air gula merah ini baik di minum sebelum tidur akan memberi dorongan pada hormon bahagia dalam tubuh.
Selama berabad-abad, gula merah menjadi obat yang bagus untuk insomnia.

  1. Menghilangkan masalah batu ginjal

Air gula merah bisa membantu memecahkan batu ginjal. Batu ginjal yang ukurannya kecil bisa dengan mudah keluar melewati urin.

ANF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *