Rahasia Dibalik Sepotong Singkong Untuk Wajah.

“Singkong adalah kelompok umbi-umbian yang mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak, dan vitamin C.

Aswaja News- Singkong atau ketela merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang populer di Indonesia. Sebab, selain rasanya yang lezat, umbi-umbian yang satu ini juga mengandung karbohidrat dan beberapa nutrisi penting lain.

Nah, berdasarkan kandungan nutrisinya, daging ketela dapat memberikan manfaat bagi wajah. Beberapa di antaranya, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan bekas luka, dan mengatasi jerawat.
Kandungan Nutrisi di Dalam Singkong
Satu porsi berkisar 100 gram ketela matang mengandung berbagai nutrisi penting, yaitu:

Kalori: 191 kilokalori.
Protein: 1.5 gram.
Lemak: 3 gram.
Vitamin E: 0.2 hingga 1.2 miligram.
Karbohidrat: 40 gram.
Serat: 2 gram.
Vitamin C: 20 persen dari angka kecukupan gizi (AKG) harian.
Tembaga: 12 persen dari AKG.
Tiamin: 7 persen dari AKG.
Folat: 6 persen dari AKG.
Vitamin B6: 6 persen dari AKG.
Kalium: 6 persen dari AKG.
Magnesium: 5 persen dari AKG.
Niacin: 5 persen dari AKG.
Ketela juga mengandung tinggi vitamin C, yaitu nutrisi yang berperan penting sebagai antioksidan. Nutrisi tersebut mendukung produksi kolagen yang berperan penting dalam kesehatan kulit wajah.

Selain itu, ketela juga kaya akan tembaga. Ini adalah mineral yang diperlukan untuk sintesis kolagen. Tembaga juga membantu dalam pembentukan melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit.

Apa Manfaat dari Singkong untuk Kesehatan Wajah?
Terdapat beberapa manfaat singkong untuk kesehatan wajah, antara lain:

A. Mengangkat sel kulit mati.
Manfaat ketela yang pertama adalah dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah. Khasiat ini dapat kamu peroleh dengan menggunakan daging sebagai scrub. Caranya, tumbuk hingga hingga sedikit halus, lalu aplikasikan pada wajah.

Selanjutnya, gosoklah scrub tersebut secara lembut pada wajah dengan gerakan memutar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu melakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

B. Menghilangkan bekas luka.
Selain mengangkat sel kulit mati pada wajah, umbi ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, membuat adonan parutan ketela. Lalu, oleskan pada bagian kulit yang menghitam akibat bekas luka.

C.Menghidrasi kulit.
Untuk menghidrasi kulit dan mengatasi kulit kering, kamu bisa mencoba membuat masker singkong. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali secaseminggu secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

D. Bermanfaat sebagai masker wajah.
Perlu kamu ingat, masker wajah berbeda dengan scrub. Jika scrub berperan untuk mengeksfoliasi kulit, masker wajah bermanfaat untuk menutrisi kulit dari dalam supaya lebih sehat.

Untuk membuat masker wajah ini, cuci bersih singkong. Lalu parut hingga benar-benar halus tanpa mencampurkan air. Agar lebih maksimal, kamu juga dapat menambahkan minyak zaitun atau madu, dengan beberapa tetes lemon.

E. Menghaluskan dan mencerahkan wajah.
Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengaplikasikan ketela sebagai scrub. Langkah perawatan wajah ini dimulai dengan cara menggosok beberapa menit. Selanjutnya, bersihkan dengan air dingin. Lakukan ini 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

F. Antipenuaan.
Ketela mengandung vitamin C dan E, yang merupakan antioksidan kuat. Nutrisi ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus.

G. Mengatasi jerawat.
Penelitian berjudul Antibacterial activity test of extracts and fractions of cassava leaves (Manihot esculenta Crantz) against clinical isolates of Staphylococcus epidermidis and Propionibacterium acnes causing acne yang tertulis dalam Hindawi menyebutkan, ekstrak etanol mampu mengusir bakteri penyebab jerawat,

Di dalamnya mengandung sifat antiinflamasi dan antimikroba, yang membantu mengurangi peradangan pada jerawat dan membunuh bakteri penyebabnya.

H. Mengurangi kerutan.
Singkong mengandung vitamin E, yang membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus pada kulit wajah. Penelitian berjudul Vitamin E in dermatology dalam Indian Dermatology Online Journal menemukan, khasiat ini berasal dari sifat antioksidan dalam singkong

Telah terlihat bahwa oksigen reaktif memiliki kemampuan untuk mengubah biosintesis kolagen dan glikosaminoglikan di kulit. Selain itu, ditemukan bahwa sebagian besar krim antipenuaan yang dijual bebas mengandung 0.5 sampai 1 persen vitamin E.

tulah beberapa manfaat singkong untuk kecantikan kulit wajah. Mulai dari membantu mengangkat sel kulit mati, membantu menghilangkan bekas luka, menghidrasi kulit, hingga bermanfaat sebagai masker wajah. (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *