Agnia Ilma, Alumni MI Maarif Gandu Ponorogo Jadi Wisudawan Terbaik dan Tercepat di Universitas Brawijaya 2024

AswajaNews – Tahun 2024, muncul lagi prestasi gemilang dari alumni MI Maarif Gandu Mlarak Ponorogo angkatan tahun 2013/2014. Betapa tidak, Agnia Ilma salah satu alumni tercatat sebagai wisudawan terbaik di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Tanggal 9 Juni 2024 mungkin menjadi momen bersejarah bagi Aghnia Ilma, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya UB ini dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dan tercepat dalam wisuda sarjana dengan IPK 3.97 dan dalam masa belajar yang ditempuh 3 tahun 3 bulan.

“Sangat tidak menyangka akan menjadi wisudawan terbaik. Semua atas doa restu orang tua dan guru guru kita,” ungkap Ilma.

Mahasiswi yang juga sedang menempuh fast treck S2 ini menyampaikan bahwa tidak ada teknik belajar khusus yang  dilakukan selama ini, bahkan SKS (Sistem Kebut Semalam) tidak jarang dilakukan.

“Yang paling penting adalah, kerjakan tugas atau project sebaik dan semaksimal mungkin, di kelas jangan tidur, aktif di dalam kelas, dan perhatikan penjelasan bapak/ibu dosen dengan baik, kalau bisa catat serinci mungkin, karena sering kali yang keluar dalam ujian bukanlah materi yang tertulis di buku ataupun PPT, tetapi penjelasan tambahan,” tambahnya.

Pengalaman magang di Gugus Jaminan Mutu (GJM) FIB UB saat liburan semester 4, menjadi panitia English Camp di semester 5 bersama dosen Pebasis (Pendidikan Bahasa Inggris) FIB UB, menjadi asisten penelitian 3 dosen dan membantu pengabdian masyarakat 2 dosen di Pebasis membuatnya bisa mengikuti program fast track karena mendapat rekomendasi dan beasiswa.

“Saya hanya mengikuti satu organisasi, yaitu AEELS (Association of English Language Education Students), Himaprodi Pebasis, di semester 1 sampai semester 2. Di organisasi tersebut saya kebetulan adalah bagian dari admission dan menjadi koordinator admission di lebih dari 6 program kerja. Lalu semester selanjutnya, saya lebih banyak bergabung di project penelitian dan pengabdian masyarakat dosen saya,” imbuh Ilma saat dikonfirmasi mengenai pengalaman organisasi di kampus.

Dalam beberapa catatan prestasi, aumni MI Maarif Gandu dan juga RA Muslimat Gandu I ini juga berhasil menjadi juara 1 lomba Teaching Innovation and Media di English Language Pedagogical Tournament (EL PATRON), Humanities Studies Competition 2023.

Kesukaan dengan bahasa Inggris juga melatarbelakangi ia memilih Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di UB.

Skripsi yang mengantarkan alumni MI Maarif Gandu ini menjadi wisudawan terbaik adalah “Personality Competence and Pedagogical Competence of Pre-Service English Teacher in Teaching Secondary Level Students”.

“Berawal dari curiosity atau rasa penasaran saya dengan bagaimana kemampuan guru bahasa Inggris pra-jabatan, khususnya di Pebasis setelah selesai melaksanakan P4 (Program Pengenalan dan Pengelolaan Pembelajaran), sebuah program praktik mengajar di beberapa SMP dan SMA/MA/SMK yang ada di Kota Malang dan Kota Batu,” pungkasnya.

Semoga dengan prestasi ini bermanfaat dan menjadi motivasi bagi adik-adik siswa MI Maarif Gandu untuk lebih giat dalam belajar. Dan harus yakin semua bisa diraih apa bila mau tekun belajar.*** (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *