Optimalkan Pelayanan, Guru BK MA Al Islam Joresan Aktif Dampingi Siswa Kelas XII Verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

Aswaja News – Guru BK MA Al Islam Joresan dalam beberapa hari ini sibuk dengan banyaknya siswa yang konsultasi. Hal ini disebabkan Minggu ini memasuki masa verifikasi PDSS. Kegiatan verifikasi nilai raport semester 1 s.d 5 untuk pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) memasuki masa verifikasi. Sehingga sangat diperlukan pendampingan kepada siswa akhir MA Al Islam Joresan.Verifikasi ini melibatkan siswa agar nilai tersebut tidak salah dalam input nantinya.

Verifikasi dan pengisian PDSS terakhir 10 Februari 2018. Untuk pengerjaan lebih cepat pihak BK MA Al Islam bergerak cepat dengan berkoordinasi langsung dengan siswa sehingga akan mempermudah dan mempercepat proses penyiapan data siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya.

Lebih lanjut lagi, ustdz. Tri Anita, koordinator BK MA Al Islam Joresan mengatakan, hari liburpun tetap di kerjakan agar pekerjaan verifikasi PDSS cepat selesai, terlebih di awal Februari kelas XII melaksanakan bimbingan dan pelaksanaan Amaliyatut tadris, Artinya dalam minggu-minggu ini verifikasi PDSS harus selesai,” katanya.

Imron Ahmadi, Kepala MA Al Islam menyampaikan bahwa untuk bisa mengikuti SNMPTN nama siswa harus masuk di pangkalan data yang disebut PDSS. Sehingga kita harapkan siswa kita sesuai kuota maksimal di PDSS. terima kasih atas kerjasamanya baik siswa maupun guru BK yang selalu pro aktif dalam memfasilitasi siswa.

Seperti diketahui, Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 telah mengumumkan jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2024. Jalur seleksi masuk PTN 2024 meliputi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Sistem seleksi masuk PTN 2024 jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh panitia SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola oleh PTN masing-masing.

Penjelasan mengenai masing – masing seleksi SNPMB 2024 antara lain,

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).
    SNBP adalah seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya. Pendaftaran jalur ini dilakukan oleh pihak sekolah dan tidak dikenakan biaya alias gratis karena ditanggung oleh pemerintah.
    Jalur SNBP menyediakan kuota minimum sebesar 20 persen bagi masing-masing PTN.
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).
    SNBT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.
    Materi ujian berupa tes potensi skolastik (TPS) yang mengukur kemampuan kognitif, penalaran matematika, serta literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Jalur SNBT memiliki kuota yang lebih banyak daripada SNBP, yakni 40 persen. Namun, bagi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), kuota minimum jalur ini 30 persen.
Calon mahasiswa yang akan mendaftar jalur SNBT dikenakan biaya pendaftaran yang telah disubsidi pemerintah.

  1. Jalur Mandiri.
    Jalur seleksi masuk PTN berikutnya adalah Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN. Jalur Mandiri menyediakan kuota minimum sebesar 30 persen, sedangkan PTNBH maksimum kuota 50 persen.

Pendaftaran Jalur Mandiri pada tahun ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan nilai UTBK.

Adapun jadwal masuk Perguruan tinggi melalui beberapa tahapan antara lain,

  • Jalur SNBP:
    Pengumuman kuota sekolah: 28 Desember 2023
    Masa sanggah kuota sekolah: 28 Desember 2023 s.d. 17 Januari 2024
    Registrasi akun SNPMB sekolah: 8 Januari s.d. 8 Februari 2024
    Registrasi akun SNPMB siswa: 8 Januari s.d. 15 Februari 2024
    Pengisian PDSS: 9 Januari s.d. 9 Februari 2024
    Pendaftaran SNBP: 14 s.d. 28 Februari 2024
    Pengumuman hasil SNBP: 26 Maret 2024
    Jadwal pendaftaran ulang peserta yang lulus SNBP dapat dilihat pada laman masing-masing PTN yang dituju.
  • Jalur SNBT:
    Registrasi akun SNPMB siswa: 8 Januari s.d. 15 Februari 2024
    Pendaftaran UTBK dan SNBT: 21 Maret s.d. 05 April 2024
    Pelaksanaan UTBK gelombang I: 30 April 2024 s.d. 7 Mei 2024
    Pelaksanaan UTBK gelombang II: 14 s.d. 20 Mei 2024
    Pengumuman hasil seleksi jalur SNBT: 13 Juni 2024
    Masa unduh sertifikat UTBK pada 17 Juni s.d. 31 Juli 2024
    Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pukul 15.00 WIB.
  • Jalur Mandiri.
    Sementara, jadwal penyelenggaraan seleksi mandiri ini berbeda-beda di masing-masing PTN.
    Adapun Informasi resmi tentang SNPMB 2024 dapat dilihat pada laman www.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id maupun akun media sosial resmi SNPMB BPPP. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *