Manfaatkan Liburan Panjang, PAC IPNU IPPNU Mlarak Adakan MAKESTA Sebagai Media Pengkaderan Formal

Aswaja News – Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) adalah suatu kegiatan pengkaderan yang menjadi gerbang awal dalam mengikuti IPNU-IPPNU. Dari pentingnya pengkaderan tersebut, maka Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Mlarak adakan kegiatan Makesta untuk mengisi liburan semester sekolah.

Ketua PAC IPNU Mlarak Muzaki R Habibina menjelaskan, IPNU-IPPNU merupakan ujung tombak kaderisasi di Nahdlatul Ulama yang memiliki tanggung jawab dalam meregenerasi para pelajar NU untuk menjadi penerus perjuangan para ulama NU.

“Kegiatan ini sebagai Langkah kongkrit untuk pengkaderan IPNU-IPPNU yang mewadahi para Pelajar NU di PAC Mlarak,” ujarnya di sela kegiatan pengkaderan tersebut.

Wakil Ketua MWC NU Mlarak H. Maftuh Basuni dalam sambutan penutupan menggunakan, kegiatan Makesta saat ini harus meningkatkan potensi Generasi Muda NU dalam wadah literasi dan digitalisasi’ diharapkan para generasi muda NU dapat merawat tradisi NU, tapi juga tidak menutup pengetahuan untuk merespon perkembangan zaman. Salah satunya adalah digitalisasi dan literasi.

“IPNU-IPPNU dituntut untuk selalu bergerak menjaring dan membina para pelajar NU melalui jenjang kaderisasi yang bernama Makesta. Menjalin relasi hubungan baik di ranah internal maupun eksternal itu penting untuk meningkatkan progresivitas organisasi, dan saat ini semua telah tercakup dalam arus digitalisasi” ucapnya.

Kegiatan pengkaderan pelajar NU ini dilaksanakan pada masa liburan semester sekolah sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar para pelajar NU, yaitu dilaksanakan pada Ahad sampai Selasa (24-26 Desember 2023) di pondok Pesantren Al Islam Joresan.

“Saya mengucapkan Selamat untuk peserta Makesta yang sudah melaksanakan proses selama 3 hari. Harapanya semoga selalu terjaga dalam kekompakan dan silaturahim yang terjalin dalam kultur yang sama sehingga kita memiliki ikatan yg kuat,” ungkap panitia.

Dalam kegiatan makesta dihadirkan para pemateri-pemateri yang berkompeten di bidangnya dipandu oleh para instruktur handal dari MWC NU Mlarak, para Senior IPPNU Mlarak. Materi dalam MAKESTA tahun ini antara lain:

  1. Keaswajaan.
  2. KeNUan.
  3. KeIPNU-IPPNUan.
  4. Keorganisasian.
  5. Kepemimpinan.
  6. KeIndonesiaan.
  7. Studi Gender.
  8. Nahdhatul Tullab.
  9. RTL.
  10. Sosialisasi CBP KPP.

Setelah dilaksanakan secara maraton, kegiatan pengkaderan kader muda NU Mlarak ini diisi dengan FGD dan Pembaiatan. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *