Cegah Pelanggaran, Panwascam Bungkal Koordinasi dengan Stakeholder dan Parpol

Aswaja News – Cegah Pelanggaran, Panwascam Bungkal koordinasi dengan stakeholder Kecamatan Bungkal. Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Bungkal melakukan koordinasi dengan berbagai elemen masyarakat, ormas maupun pemerintah. Hal itu dilakukan dalam rangka menjalin sinergi serta sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran Pemilu tahun 2024.

Suwadi Ketua Panwascam Bungkal menyatakan bahwa pencegahan harus dilakukan semaksimal dan sedini mungkin, diantaranya bersama Anggota Panwascam Bangkit Dany Taufan, Nurul Hidayati beberapa saat yang lalu berkoordinasi dengan jajaran Forkompimcam Kecamatan Bungkal.

Diawali dengan berkunjung ke kantor Kecamatan Bungkal yang disambut oleh Camat Bungkal Wasis, AP., ada hal yang dibahas yaitu terkait kondusifitas di wilayah Kecamatan Bungkal saat gelaran pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam Kunjungan ke Kantor Kecamatan tersebut Camat Bungkal (Wasis, AP., M.Si) menyampaikan bahwa Pihaknya akan membantu dan mendukung tugas dari Panwascam sehingga diharapkan tercipta suasana yang adem ayem di lingkungan Kecamatan Bungkal.

Lebih lanjut Anggota Panwascam Bangkit Dany Taufan, juga menyampaikan bahwa di hari yang sama telah berkoordinasi dengan jajaran Polsek Bungkal dan Koramil Bungkal, Upaya tersebut selain bertujuan untuk berkoordinasi juga sebagai sarana Silaturahmi antar lembaga dan menjalin sinergi dalam rangka menciptakan suasana yang aman dan damai pada saat tahapan kampanye dan Pemilu nanti.

Menurut Anggota Panwascam yang membidangi divisi HPPH tersebut, hal mendasar Panwascam adalah bermitra dengan Pemerintah dan Rakyat, agar informasi yang diperoleh Panwas berimbang, cepat dan tepat dalam melakukan pengawasan, mengingat agenda kepengawasan ke depan sudah masuk tahapan Kampanye, diharapkan Stakeholder terkait dapat bekerjasama untuk menyampaikan kepada jajaran dibawahnya, bahwa sesuai Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Hal tersebut mungkin bisa terjadi, dan sangat rentan dilakukan oleh Pejabat maupun aparat menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024. Harapan kedepannya Stakeholder terkait dapat bekerjasama untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang Aman, Lancar, Terkendali tetap sejuk, damai dan Rukun” pungkasnya.

Selain melakukan koordinasi dengan stakeholders dengan Forkopimcam panwascam Bungkal juga melakukan koordinasi dan silaturahmi dengan 16 pimpinan/ketua partai politik peserta pemilu yang ada di Kecamatan Bungkal, guna sebagai sarana atau ikhtiar serta upaya untuk melakukan pencegahan terhadap kerawanan atau kemungkinan potensi pelanggaran /sengketa pemilu 2024 sehingga bisa mewujudkan pemilu yang bermartabat dalam nuansa yang tetap terkendali, sejuk, aman dan damai._(ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *