Bravo SMK 1 Pemda Ponorogo, Raih Juara Tingkat Nasional

Aswaja News – Capaian prestasi membanggakan di raih oleh SMK 1 Pemda Ponorogo di akhir tahun ini. Kado istimewa akhir tahun 2023 ini ditandai dengan prestasi tingkat regional Jawa Timur dan Tingkat Nasional.

Prestasi membanggakan pertama adalah terpilihnya Sdr. Didik Eko S, ST sebagai Juara 1 Apresiasi GTK Inovatif Kepala SMK Jatim 2023. Penghargaan ini diberikan oleh Balai Besar Guru Penggerak Jawa Timur. Pak Didik (panggilan akrabnya) mewakili MKKS SMK Swasta Ponorogo maju dalam ajang tersebut dan hasilnya sangat memuaskan.

Pak Didik dinilai telah sukses membuat inovasi terkait program agribisnis yang dijadikan sebagai salah satu jurusan inovatif. Kelas Agribisnis Ternak Ruminansia merupakan jurusan yang jarang peminatnya. Akan tetapi di tangan Pak Didik menjadi jurusan favorit di kampus 3 nya di Kecamatan Pudak.

Kecamatan Pudak dan sekitarnya (Pulung, Sooko) merupakan pusat peternak sapi perah. Produksi susu sapi melimpah hingga bekerjasama dengan Nestle. Dengan adanya jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia ini peternak dapat mengolah sendiri susunya hingga siap dipasarkan, serta mampu mendaur ulang kotoran hewan ternak menjadi pupuk organik untuk pertanian dan bio gas.

Dengan hasil ini Pak Didik berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar 3 Juta Rupiah beserta piala dan berhak mewakili ajang yang sama di tingkat nasional mewakili Propinsi Jawa Timur.

Selain itu, awal bulan ini siswa SMK 1 Pemda juga menorehkan prestasi sebagai 3 besar nasional dalam kompetisi pembuatan video bertajuk Festival Ekologi Spiritual yang digelar oleh PP. LP. Ma’arif NU dan PP. LPBI NU. Siswa ini bernama Dafik Nur Cahyono Kelas XII Agribisnis Ternak Ruminansia yang berasal dari Pudak.

Dafik (panggilan akrabnya) berhasil mendapatkan perhatian dari dewan juri dengan hasil karyanya berupa video berjudul ” Mengolah Limbah Menjadi Berkah”. Penentuan juara akan dilakukan tanggal 20 November 2023 mendatang. Walaupun belum ditetapkan, Dafik dipastikan mendapatkan juara tingkat nasional. Prestasi yang bukan kaleng-kaleng.

Perlu diketahui bahwa SMK 1 Pemda Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan PC. LP Ma’arif NU Ponorogo. Torehan prestasi lembaga pendidikan di bawah naungan LP. Ma’arif semakin menunjukkan progres yang signifikan. Lembaga pendidikan di bawah LP. Ma’arif NU tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, karena kualitas pendidikannya sudah melampaui yang lain. Lembaga-lembaga pendidikan formal ini sebagai ujung tombak pencetak kader NU yang berkualitas, disamping pondok pesantren. (ags)

One thought on “Bravo SMK 1 Pemda Ponorogo, Raih Juara Tingkat Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *