Cak Sodik Berkolaborasi dengan As Subhan, Begini Ceritanya…

Aswaja News – Panggung Ponorogo Rikolo Semono di alon-alon Ponorogo (27/09/23), Rabu malam menjadi meriah karena kehadiran artis Pantura terkenal Cak Sodik. Berkolaborasi dengan orkes gambus As Subhan dari kota Ponorogo Cak Sodik membuka penam6dengan menyanyikan lagu religi hit berjudul Alamate Anak Sholeh.

Pada malam ini diisi dengan nuansa religi karena bertepatan dengan malam Maulid Nabi Muhammad SAW. Malam yang cukup istimewa bagi umat Islam sebagai peringatan kelahiran Rasulullah penerang dunia.

Perlu diketahui bahwa Pemkab Ponorogo menggelar satu even unik yang baru pertama kali dilakukan yaitu pesta rakyat berjudul “Ponorogo Rikolo Semono (Ponorogo Pada Masa Lalu). Kang Giri mengatakan bahwa even ini dilakukan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat Ponorogo, khususnya untuk menggali potensi ekonomi bernuansa jaman dulu (jadul). Selain itu even ini untuk mengenalkan kepada generasi sekarang hal hal yang ada di masa lampau (kuliner, peralatan, kerajinan dll) yang pernah ada di masa lampau di Ponorogo.

Even unik ini digelar mulai tanggal 21 – 30 September 2023 diikuti oleh pedagang kecil UMKM dan instansi pemerintah dan BUMN untuk memeriahkan. Adapun kepanitiaan acara ini melibatkan banom pemuda NU yaitu GP. Ansor Ponorogo dan sponsor sponsor lain seperti Bank Jatim, Bank Mandiri, BPJS Ketenagakerjaan beserta dinas dinas diantaranya Dinas Pertanian dan Perdakum.

Masyarakat antusias dan menyambut baik acara ini. “Acara seperti ini perlu dilestarikan dan jadi even tahunan sebagai media edukasi anak anak mas” ucap Lina salah satu pengunjung. Stand makanan jadul banyak diserbu pengunjung. Diantaranya di stand Bank Mandiri yang menjual menu “cenil gethuk nggolan” makanan jadul yang enak berbahan ketela.

Semoga even bagus seperti ini dapat dilestarikan sebagai dorongan positif menumbuhkan rasa optimis kepada para UMKM di Ponorogo. (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *