Mengenal 8 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan

Aswaja News- Manilkara zapota atau sawo adalah salah satu buah yang tumbuh subur di iklim tropis, seperti Indonesia. Buah yang satu ini juga digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan dagingnya yang lembut. Rasa manisnya berasal dari gula alami seperti yang dimiliki mangga, pisang, dan nangka.

Dibalik rasanya yang manis, makanan sehat yang satu ini ternyata mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan. Sawo adalah buah yang mengandung kalori cukup tinggi. Per 100 gram sawo bisa mengandung 83 kalori. Sawo sarat dengan antioksidan dan juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Jika dikonsumsi secara rutin, sawo mampu memberikan beragam manfaat kesehatan berikut:

1.Menjaga daya tahan tubuh
Ternyata, sawo termasuk ke dalam buah-buahan dengan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C-nya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh membantu mencegah penyakit. Jumlah vitamin C yang ada dalam buah sawo sangat berguna untuk mencegah penyakit virus yang umum terjadi seperti pilek dan influenza.

2.Menyehatkan pencernaan
Kandungan serat dalam buah sawo juga mampu melancarkan fungsi pencernaan. Kebutuhan serat yang terpenuhi juga membantu meringankan banyak gejala pencernaan seperti sembelit, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

3.Mengendalikan berat badan
Alasan lain mengapa serat sangat penting adalah karena dapat membantu menjaga nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk makan sepanjang hari. Proses ini amat penting untuk seseorang yang ingin mengurangi asupan kalori saat menurunkan berat badan. Makanan berserat juga membantu menjaga sistem pencernaan bekerja secara optimal dan membantu membersihkan usus dengan benar.

4.Menangkal radikal bebas
Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko penyakit akibat radikal bebas. Ada banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa makanan kaya antioksidan dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker dan penyakit jantung. Jika kamu punya risiko penyakit kronis atau khawatir mengalami penuaan lebih cepat, sawo bisa menjadi salah satu buah yang bisa kamu konsumsi secara rutin.

5.Menjaga kesehatan tulang
Sawo mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, seng, dan mangan yang memberikan efek positif pada kesehatan tulang dan otot. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko tulang menjadi lebih lemah dan osteoporosis.

6.Mengontrol tekanan darah
Manfaat buah sawo bagi kesehatan lainnya adalah sebagai pengontrol tekanan darah. Salah satu penyebab naiknya tekanan darah adalah konsumsi sodium yang berlebihan. Kandungan kalium dalam buah sawo dapat menyerap sodium dalam sistem pencernaan dan membuangnya melalui urin. Sehingga, sodium tidak terserap oleh tubuh dan tekanan darah tetap terjaga.

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa kekurangan kalium dalam tubuh tidak hanya menaikkan tekanan darah, tetapi juga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

7.Mengatasi anemia
Tahukah kamu buah sawo dapat mengobati penyakit anemia? Anemia merupakan kondisi kesehatan yang umum terjadi pada wanita di usia reproduksi yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak mampu membuat hemoglobin sel darah merah yang mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh sel. Buah sawo yang sarat dengan zat besi dan tembaga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dan mengobati anemia.

8.Menjaga kesehatan kulit
Manfaat buah sawo yang jarang diketahui adalah buah sawo dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kaya akan vitamin esensial A, C dan B, buah sawo meremajakan sel-sel kulit baru dan mengunci kelembapan kulit dari dalam. Kandungan flavonoid dan antioksidan dalam buah sawo mencegah rusaknya sel-sel kulit yang sehat, memudarkan keriput, garis-garis halus, memperlambat penuaan, dan meningkatkan warna kulit dan cahaya secara alami.

Itulah manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh kita , semoga bermanfaat bagi yang belum mengetahuinya Happy reading Aswaja News friends. (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *