Rekomendasi Kuliner dan Sajian Khas Ponorogo yang Wajib Dicoba

Aswaja News – Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu daerah dengan kekayaan budaya dan kuliner yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Banyak yang mengenal Ponorogo karena memiliki kesenian Reog yang sebentar lagi akan dinobatkan sebagai warisan budaya oleh Unesco.

Namun, kuliner Ponorogo juga ikut menjadi bahan perbincangan karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki daerah lain. Simak selengkapnya.

Pecel Ponorogo

Nama lain dari Pecel Ponorogo adalah pecel tumpuk, ciri khas dari pecel Ponorogo adalah mempunyai sambal yang kental dan relatif pedas.

Sate Blendet/Kopok

Selanjutnya adalah sate blendet/kopok. Sate ini berasal dari Kecamatan Balong ini berwarna kuning yang merupakan campuran sambal kacang dengan santan yang membuat berbeda dengan kebanyak sate yang cenderung berwarna coklat keemasan.

Jenang Mirah

Jenang mirah diambil dari nama penemu jenang ini. Sesuai namanya, Jenang ini pertama kali dibuat oleh seorang yang bernama Mirah.

Sudah menjadi kebiasaan untuk orang yang berkunjung ke Ponorogo membeli jenang ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Sate Ayam Ponorogo

Sate ayam Ponorogo adalah kuliner andalan, banyak tersebar di beberapa titik penjual sate yang memiliki bumbu kacang yang khas ini.

hal mendasar yang membedakan Sate Ponorogo dengan sate Madura adalah tidak dipotong berbentuk dadu, melainkan disayat tipis memanjang mirip fillet. (mus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *