Perubahan Arah One Way di Ponorogo akan Diuji Coba Pekan Depan

Aswaja News – Setelah hampir satu bulan diberlakukan uji coba One Way di jalan protokol kota Ponorogo 14 Februari – 14 Maret 2024, Pemkab Ponorogo telah melakukan evaluasi dengan berbagai komponen di Forum lalu lintas Angkutan Jalan.

Evaluasi ini dilaksanakan setelah mendapat masukan dan kritikan dari berbagai pihak baik masyarakat pengguna jalan, pelaku usaha maupun masyarakat sekitar jalan yang terdampak perubahan satu jalur tersebut.

“Perubahan arah uji coba One Way insyaallah akan dilakukan pada pekan depan di Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Gajah Mada, Jalan Sultan Agung, Jalan KH. Ahmad Dahlan, Jalan Bhayangkara, Jalan Dr. Sutomo, dan Jalan MH. Thamrin,” Ujar Setyo Budiono, Kabid lalu lintas dan Sarpras Dishub Ponorogo.

Pasalnya, saat ini pihaknya terkait sedang menyiapkan perubahan rambu-rambu dan diperkirakan pemberlakuan perubahan arah uji coba One Way akan dilakukan sekitar tanggal 23 atau 24 Maret 2024.

Masih menurut Kabid lalulintas dan sarpras perubahan arah uji coba One Way ini merupakan hasil evaluasi Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ), serta masukan dari masyarakat. Perubahan arah uji coba One Way ini meliputi, jika sebelumnya Jalan KH. Ahmad Dahlan dari arah barat ke timur akan diubah ke arah timur ke barat, Jalan Sultan Agung dari arah utara ke selatan akan berubah arah selatan ke utara, sedangkan jalan Gajah Mada akan ke arah timur.

Sedangkan Jalan HOS Cokroaminoto akan dikembalikan ke arah semula, yakni menuju ke arah selatan, untuk jalan Bhayangkara ke arah selatan ke utara, dan untuk jalan Dr. Sutomo dibuat 2 arah khusus kendaraan roda 2, untuk roda 4 hanya bisa lewat dari arah barat ke timur. Sedangkan Jalan Thamrin juga dibuat 2 arah khusus kendaraan roda 2, hanya saja roda empat akan timur ke barat.

Disamping perubahan arah beberapa jalur tersebut, dinas perhubungan juga menamba rambu rambu lalulintas di jalan jalan protokol tersebut, juga membuat penghambat jalan di beberapa titik strategis seperti di depan masjid NU jalan Sultan Agung.

Semoga dengan perubahan Arah ini mampu memperlancar lalu lintas di kawasan kota Ponorogo. Karena semakin hari semakin padat arus lalulintas di kota Ponorogo dengan bertambahnya pemilik kendaraan roda dua maupun empat. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *