RA Muslimat Surodikraman tutup Semester Ganjil 2023/2024 Dengan Seminar Parenting “Happy Mom Happy Kids”

Aswaja News – Anak mana yang tidak suka bermain? Semua anak tentu sangat menyukai kegiatan bermain karena dunia anak memang dunia bermain. Bermain bagi anak merupakan hal yang bersifat alamiah dan spontan. Anak yang sehat akan selalu ingin bermain bahkan tanpa adanya alat permainan yang khusus sekalipun. Anak dapat menjadikan benda apapun yang ada di sekitarnya sebagai bahan yang asyik untuk dimainkan misalnya tangga, kursi, bahkan apapun yang sedang ia kenakan.

Sayangnya, tak banyak orangtua yang paham bahwa kegiatan bermain membawa sejuta manfaat bagi anak, tapi Malah sebaliknya orang tua terlalu “over thinking” kok anaknya bermain terus. Atau menganggap anaknya ada kelainan tidak mau belajar, bahkan ada pandangan negatif kalau anaknya bandel.

Inilah yang melatarbelakangi diselenggarakannya Acara Seminar Parenting bertajuk “Happy Mam, Happy Kids” oleh RAM Surodikraman Kabupaten Ponorogo. Acara seminar parenting tersebut berlangsung pada hari Jumat, 22 Desember 2023 di Aula RA Muslimat kelurahan Surodikraman , Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Acara ini dihadiri oleh 133 wali murid beserta 11 guru dengan menghadirkan narasumber Abdah Munfaridah, M.PdI. selaku Kaprodi PIAUD Fak.Tarbiyah INSURI Ponorogo.

“Bermain merupakan implementasi dari stimulasi perkembangan. Tidak hanya membuat anak senang, bermain merupakan strategi yang paling tepat untuk mengembangkan seluruh aspek dalam diri anak, mulai dari aspek fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, seni hingga aspek agama-moral. Bagai sekali mendayung namun banyak pulau dapat terlampaui, satu kegiatan bermain bahkan mampu menstimulasi beberapa aspek perkembangan dalam diri anak sekaligus.”tuturnya.

Bahasan dalam acara di RA Muslimat Surodikraman yang beralamat di Jl. Ahmad Yani Ponorogo ini yang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari anak rupanya berhasil memancing antusiasme seluruh peserta. Banyak peserta yang tertarik untuk membagikan dan berdiskusi terkait pengalaman-pengalaman mereka dalam mendampingi kegiatan bermain putra-putri mereka, termasuk segala permasalahan seputar kegiatan bermain. Begitu serunya acara ini hingga tidak terasa berlangsung selama 2,5 jam.

Endah Rahayu,S.PdI kepala RAM Surodikraman menyatakan bahwa kegiatan Parenting ini merupakan penutupan semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Selain pada hari ini juga diadakan pembagian raport hasil pencapaian belajar siswa yang langsung diterima oleh wali siswa.

“Ini merupakan bentuk sinergitas lembaga dengan wali siswa agar terus terjalin dalam mendampingi aktivitas anak,maka kita buatkan agenda yang bermanfaat yaitu seminar parenting sekaligus pembagian raport semester ganjil ” ungkapnya. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *