Selalu Sinergi dengan Muslimat NU, LAZISNU Bungkal Salurkan Bantuan Rutin Paket Beras untuk Dhuafa di Semua Ranting NU

Aswaja News – NU Care LAZISNU MWC NU Bungkal Ponorogo sebagai lembaga filantropi resmi NU dalam menjalankan Visi organisasinya “Bertekad menjadi lembaga pengelola dana masyarakat yang didayagunakan secara amanah dan profesional untuk kemandirian umat” telah banyak melakukan kegiatan kegiatan kemanusiaan dan keumatan di Kecamatan Bungkal.

Diantaranya mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mengeluarkan zakat,
infaq, sedekah dengan rutin. Mengumpulkan/menghimpun dan mendayagunakan dana zakat, infaq, dan
sedekah secara profesional, transparan, tepat guna dan tepat sasaran.

Sebagai bentuk komitmenya NU Care LAZISNU Kecamatan Bungkal berkolaborasi dengan PAC. Muslimat NU Kec. Bungkal mengadakan agenda bersama setiap bulannya berupa kegiatan Pengajian Rutin Ahad Pahing sebagai bentuk sinergis nyata banom dan lembaga dibawah naungan NU. Pada Ahad Pahing ini (12/11/2023) acara tersebut berkesempatan dihadiri oleh Camat Bungkal sekalian (suami).

Dalam sambutannya ketua tanfidziyah MWC NU Kec. Bungkal (Lukmanul Hadi), mari kita selalu menanamkan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah An-nahdiyah di dalam kehidupan masyarakat NU dan untuk ibu-ibu selalu semangat dalam kegiatan Muslimat NU walau dalam keadaan dan kondisi apapun.

Beliau berharap Pengurus ranting muslimat untuk terus giat menggerakkan jama’ah serta kegiatan kegiatan di ranting, sinergitas antar lembaga selalu dijaga dan terus di pupuk

Selain Rutinan Pengajian, kegiatan ini juga diisi dengan program pentasyarufan dana ZIS yang dihimpun oleh NU Care LAZISNU MWCNU Bungkal. Kegiatannya berupa pemberian santunan paket beras bagi kaum dhuafa dilingkungan Kecamatan Bungkal. Lukmanul Hadi, sangat mengapresiasi kegiatan mulia ini. “Saya sebagai nahdliyin senang dan bangga atas kegiatan mulia ini semoga terus menginspirasi kita untuk selalu berbagi kepada sesama” ucap lukman pada saat memberikan sambutan.

Sementara itu Bu camat (Hj. Siti Hanifah, S.STP., M.Si) berpamitan dan mohon diri karena pindah tugas ke Kec. Babadan, beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bungkal terutama warga nahdliyin atas sinergitas dengan jajaran forkompimcam (umara).

Beliau juga mengapresiasi Apresiasi terhadap kemajuan muslimat, beliau juga mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Bapak Lukman Hadi sebagai ketua Tanfidziyah MWC NU Kec. Bungkal masa khidmat 2023 – 2028, dan yang terakhir kami ucapkan salam perpisahan serta ucapan terimakasih kepada segenap masyarakat dan mohon maaf selama kami menjabat sebagai camat bungkal jika ada kekurangan, dan mudah-mudahan NU semakin Ngremboko dan Jaya Selalu, semakin bermanfaat untuk ummat memasuki abad kedua ini, Pungkasnya.

NU Care-LAZISNU MWC NU Kec. Bungkal Kab. Ponorogo menyalurkan bantuan berupa paket beras untuk para dhuafa di ranting-ranting. Kegiatan ini direalisasikan bersama PAC Muslimat NU Kec. Bungkal dan merupakan hasil kerja sama dengan para donatur dan dermawan/dermawati sebagai bagian dari aksi riil filantropi dan juga melaksanakan program kerja sesuai amanah organisasi. “Bantuan menyasar ke para dhuafa (fakir/miskin) yang tersebar di 19 Desa di Kecamatan Bungkal,” kata Koordinator Divisi Penyaluran NU Care-LAZISNU Kec. Bungkal, Suratno, Minggu (12/11/2023).

Adapun sebaran pentasharufan paket beras selama tahun 2023 tersebut sudah dilakukan di 10 ranting dengan total 305 paket (1.525 kg), yaitu : Ranting Bediwetan 28 paket, Ranting Nambak 19 paket, Ranting Sambilawang 12 paket, Ranting Bedikulon 20 paket, Ranting Munggu 36 paket, Ranting Bekare 21 paket, Ranting se-Kec. Bungkal 99 paket, Ranting Kalisat 16 paket, Ranting Kupuk 20 paket dan Ranting Bediwetan (Dkh. Warung) 34 paket

Menurutnya penyaluran bantuan itu dilakukan secara bertahap dari satu desa/ranting ke desa/ranting lainnya, yang dimulai sejak Bulan Januari 2023 yang lalu, “Kami turut menyalurkan bantuan beras bagi dhuafa di berbagai desa/ranting di Kecamatan Bungkal. Kesemuanya ini untuk rasa kepedulian kita untuk kemanusiaan,” tegasnya.

Ranting Desa Bediwetan adalah salah satu titik penyaluran paket beras untuk dhuafa. Desa Bediwetan di Dukuh Warung، Desa Bediwetan, Kecamatan Bungkal, Kab. Ponorogo, Salah satu pengurus Muslimat NU di PAC Bungkal Rofi’ah mengungkapkan bahwa bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari para dhuafa. “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada LAZISNU dan para donatur yang sudah memberikan bantuan beras untuk dhuafa di lingkungan dukuh warung desa bediwetan,” ujarnya.

“Insyaallah bantuan ini sangat bermanfaat terutama untuk kebutuhan keseharian para dhuafa, dan semoga bantuan ini dapat memberikan berkah untuk semua. Semoga Allah memberikan kebaikan yang sebesar-besarnya untuk LAZISNU dan Muslimat NU Bungkal” ucap Rofiah._(Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *