KK IGRA 5 Ponorogo Gelar GELORA JATIM 2023

Aswaja News – Gelora adalah Gelar Seni dan Olahraga Raudhatul Athfal yang dilaksanakan berjenjang dari tingkat Kelompok kerja RA, tingkat kabupaten dan berakhir di tingkat Propinsi Jawa Timur.

Latar belakang dilaksanakan Gelora Jatim tahun 2023 Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembimbingan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Ajang Gebyar Seni dan Olah Raga RA se Jawa Timur ini merupakan upaya pemberian stimulasi atau rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani serta minat bakat anak agar anak usia dini tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berkarakter.

Adapun Tujuan diselenggarakannya Gelora Jatim antara lain:

  • Meningkatkan Kreatifitas Guru dan Anak RA/BA/TA
  • Mengembangkan sikap sportivitas dan berkompetisi dengan sehat
  • Mengembangkan minat dan bakat anak RA/BA/TA.

Di wilayah Kelompok Kerja RA 5 yang meliputi wilayah Kecamatan Mlarak dan Sawoo terdapat 32 lembaga tingkat PAUD yang berada di bawah binaan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo.

Oleh karena itu, pelaksanaan Gelora di tingkat KKRA 5 dipusatkan di RAM Muslimat 07 Gandu Mlarak Ponorogo yang dibuka oleh Pengawas Madrasah dari PPAI Kecamatan Mlarak pada Sabtu, 11 November 2023.

Jenis lomba dalam Gelar Seni dan Olahraga Raudhatul Athfal tahun ini antara lain:
1) Tahfidzul Qur’an (1 anak RA Pa/Pi.)
Wajib : Surah Al Fatihah.
Pilihan : Surah Al Fiil, Al Insyirah, Al Maun.
2) Bercerita Islami (1 anak RA Pa/Pi).
3) Menyanyi Lagu Nasional (1 anak RA Pa/Pi).
Pilihannya :
Lagu Bendera Merah Putih.
Garuda Pancasila.
Satu Nusa Satu Bangsa.
4) Shalat Subuh Berjamaah (3 anak RA Pa/Pi).
5) Estafet dengan Alat (4 anak RA Pa/Pi).

Peserta 10 anak tiap lembaga dari 32 lembaga di wilayah kecamatan Mlarak – Sawoo.
Cabang yg dilombakan: tahfidz surat pendek, sholat subuh berjamaah, bercerita islami, menyanyi lagu nasional, estafet.

Ulfatun Ni’mah, S.Pd salah satu Guru RAM Muslimat 07 Gandu di konfirmasi terkait kegiatan tersebut menjelaskan, Peserta dari tiap lembaga RA sebanyak 10 anak dari 32 lembaga di wilayah kecamatan Mlarak – Sawoo. Dan juara dari tiap cabang akan diikutkan dalam Gelora Jatim jenjang atasnya yaitu tingkat kabupaten dan berlanjut ke tingkat Propinsi Jawa Timur. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *