Kenalkan Pesantren Sejak Dini, RA Muslimat 07 Gandu Ajak Muridnya Kunjungi Beberapa Pesantren di Ponorogo

Aswaja News – Dalam menyemarakkan Hari Santri Nasional RA Muslimat 07 Gandu Mlarak Ponorogo telah banyak mengadakan berbagai kegiatan untuk menanamkan jiwa santri sejak dini kepada siswa siswinya.

Puncak peringatan Hari Santri yang digelar oleh RA Muslimat 07 Gandu Mlarak Ponorogo adalah safari Pondok Pesantren yang ada di wilayah Ponorogo. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa RA Muslimat 07 Gandu dan PG Arina Manasika ini berlangsung pada hari Selasa, 31 Oktober 2023.

Beberapa tempat yang dijadikan tujuan kegiatan Safari pesantren antara lain:

  1. Pondok Pesantren Walisongo Ngabar.
  2. Masjid dan makam Tegalsari.
  3. Pondok Pesantren Al Mawaddah.
  4. Pondok Pesantren Al Islam Joresan.
  5. Pondok Modern Gontor.

“Raudhatul Athfal Muslimat 07 Gandu dan PG Arina Manasika mengajak siswanya untuk melakukan kunjungan masjid dan pesantren secara langsung sebagai penguatan tema Lingkunganku yang Islami, subtema Masjidku. Masjid yang dikunjungi adalah Masjid Tegalsari yang merupakan masjid tertua di Ponorogo dan kunjungan Pondok Pesantren dalam rangka Hari Santri Nasional 2023.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa dan pendidik ini, tidak hanya dikenalkan dengan masjid dan pesantren, tetapi juga ada muatan pembentukan karakter pada diri anak.” Ujar Kepala RA Muslimat 07 Gandu, Ibu Prihatin, S.Pd.I.

Bu Prih “panggilan akrabnya” menjelaskan bahwa anak-anak diajak berkunjung ke masjid dan Pondok Pesantren sejak dini untuk memperkenalkan anak dengan lingkungan islami. Antusias belajar mengenal masjid dan pesantren secara langsung sangat luar biasa. Anak-anak bisa secara nyata melihat, merasakan suasana di masjid dan pesantren.

Kegiatan outing class untuk pengenalan lingkungan tempat Ibadah (Masjid) dan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan pertama ini di Indonesia ini diikuti sekitar 100 siswa ini didampingi juga oleh guru, pengurus.

Kegiatan ini diharapkan kan mampu memotivasi siswanya untuk lebih mengenal tempat ibadah umat Islam dan tempat belajar santri sangat mengena sekali karena siswa dapat melihat langsung lingkungan nyaman untuk belajar bagi generasi Nahdliyyin. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *