7 Manfaat Jalan Kaki yang Jarang Diketahui

Aswaja News- Selain lari pagi, olahraga yang lebih ringan yaitu berjalan kaki di pagi hari dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk Anda. Jalan kaki di pagi hari adalah cara sederhana untuk membuat tubuh tetap bugar. Kesegaran yang didapatkan di pagi hari mulai dari udara dan lingkungan akan berdampak terhadap tubuh. Jalan kaki di pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berjalan kaki dengan cepat di pagi hari adalah olahraga terbaik bagi tubuh.

Sekarang ini banyak orang memilih berjalan kaki di sore hari karena kesulitan mencari waktu berjalan kaki di pagi hari. Udara segar pagi hari baik untuk paru-paru. Selain itu, anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, lakukan jalan kaki dengan cepat. Jalan kaki cepat membakar kalori dan memperbaiki metabolisme. Dua hal tersebut sangat penting untuk menurunkan berat badan.

Tahukah anda ketika berjalan kaki anda juga menurunkan kadar glukosa? Karena itu, jalan kaki saat pagi hari sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Jalan kaki juga bermanfaat mengontrol tekanan darah dan melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan berjalan kaki melatih otot-otot di paha, bokong dan kaki sehingga lebih kuat. Sirkulasi darah menjadi lancar, otak mendapat asupan oksigen dan memperbaiki fungsi otak.

Kondisi ini membuat tubuh siap melakukan berbagai aktivitas selama seharian. Ada beberapa manfaat besar dengan rajin olahraga di pagi hari seperti dilansir dari berbagai sumber, sebagai berikut :

1. Sirkulasi darah yang baik
Jalan pagi berfungsi sebagai latihan kardio halus dengan mempercepat detak jantung dan memompa darah ke setiap bagian tubuh. Latihan ini meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengendalikan tekanan darah dan kolesterol dalam jangka panjang. Jalan kaki adalah salah satu bentuk latihan kardiovaskular yang baik untuk kesehatan jantung. Jalan kaki akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda dan menjaga hati Anda agar tetap aktif dan sehat. Selain itu dengan jalan kaki, maka tekanan darah Anda akan stabil.

2. Kekuatan otot dan stamina
Jalan pagi membantu meningkatkan daya tahan otot dan meningkatkan daya dukung oksigen darah, sehingga meningkatkan stamina secara keseluruhan. Jadi, dengan teratur jalan kaki pagi tidak perlu khawatir lelah di siang hari.

3. Mengontrol gula darah
Jalan pagi adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol gula darah, terutama jika Anda seorang penderita diabetes dan gangguan insulin. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Medical Association menemukan bahwa orang yang latihan di pagi hari menunjukkan kontrol yang lebih baik pada gula darah sepanjang hari.

4. Perbaikan metabolisme
Ketika tidur, metabolisme tubuh melambat sepenuhnya. Jalan pagi adalah cara terbaik untuk memulai meningkatkan metabolisme. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang yang terbiasa berjalan di pagi hari memiliki tingkat metabolisme yang lebih baik daripada orang yang tidak berjalan sama sekali. Berjalan kaki di pagi hari akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda dan juga dapat membakar kalori tubuh Anda.

5. Kesehatan mental yang baik
Jalan pagi hampir sama manfaatnya seperti meditasi. Angin pagi yang segar dapat melepaskan energi positif dan membantu mengatasi masalah mental seperti depresi dan kecemasan. Hal ini dapat menempatkan Anda dalam mood yang baik sepanjang hari. Ketika Anda berjalan kaki di pagi hari, otak Anda akan melepaskan 2 hormon yaitu serotonin dan endorfin. Hormon-hormon ini dikenal ampuh untuk meningkatkan suasana hati dan melepaskan stres.

6. Penyerapan vitamin D
Mandi atau berjemur sinar matahari pagi dapat membantu menyerap vitamin D yang berharga untuk tubuh, serta mengurangi risiko kekurangan kalsium dari tulang yang dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis dan osteopenia.

7. Menyehatkan paru-paru
Saat lari pagi, otomatis udara yang Kita hirup pun adalah udara pagi yang bersih dan sehat. Dan tentu saja hal ini baik untuk kesehatan paru-paru Kita.

Jadi, apabila Sahabat Aswaja merasa lelah saat lari pagi tidak ada salahnya apabila Kita memutuskan untuk berjalan kaki. Toh masih banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dari jalan kaki di pagi hari. Siapkan hari kita dengan penuh semangat dan bugar untuk beraktifitas ! (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *