Semarakkan Hari Kemerdekaan dan Tahun Ajaran Baru, Pondok Darur Rohmah Adakan Pesta Rakyat

Aswaja News – Kesemarakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tidak hanya dirayakan dan dirasakan oleh warga masyarakat diperkotaan. Di Desa Gandu Mlarak Ponorogo pun tak lepas dari kesemarakan perayaan kemerdekaan.

Kesemarakan perayaan kemerdekaan tahun ini selain dengan dilakukan memasang beragam umbul-umbul, rontek dan pemasangan bendera Merah Putih sejak awal bulan Agustus, namun juga diadakan pesta rakyat yang di prakarsai oleh Pondok Pesantren Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo.

Pondok pesantren yang diasuh Oleh Gus Ulil Albab pada hari Ahad, 13 Agustus 2023 mengadakan Hiburan Rakyat dengan menggelar Parade Drumband Gita Pesona Santri Darur Rohmah dan diikuti Dengan kesenian Gajah-Gajahan milik desa Gandu dan Kesenian Unta.juga diadakan diadakan beragam lomba/permainan khusus anak anak desa Gandu.

“Kegiatan hiburan Rakyat yang diselenggarakan oleh Pondok Darur Rohmah ini dalam Rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 78 sekaligus penutupan Kutbatul Iftitah Pondok. Sehingga kami ingin ada sinergitas antara pondok Darur Rohmah dan Warga masyarakat sekitar” ujar Gus Albab yang juga ketua GP ANSOR ancab Mlarak ini.

Diketahui, selain acara hiburan ke masyarakat luas juga pada malam hari juga diadakan pentas seni dan kreasi Santri yang bisa disaksikan oleh masyarakat umum. Diharapkan dengan kegiatan bersinergi dan penuh aksi ini menumbuhkan jiwa patriotisme dan karakteristik keislaman. Sehingga hiburan yang dipilih adalah Pawai budaya dan parade Drumband kreativitas santri pondok, serta hiburan rakyat berupa kesenian Gajah2an dan Unta yang selalu diiringi nuansa islami dan bacaan Sholawat.

Secara terpisah, Gus Munawwir, kepala SMP Darur Rohmah menyatakan, Semakin tahun siswanya semakin bertambah bahkan sampai saat ini sudah lebih dari 200 santri. Sehingga perlu adanya wadah dari kreativitas siswa siswi di pondoknya. Sehingga di moment HUT kemerdekaan RI ke 78 sekaligus penutupan kegiatan Kutbatul Iftitah ini berupaya mengadakan acara besar ini, sekaligus sebagai media dakwah bahwa santri bisa berkreasi.

Kegiatan pesta Rakyat Gandu bersama Pondok Pesantren Darur Rohmah ini diawali dengan pentas kesenian di Lapangan desa Gandu dilanjutkan dengan parade keliling desa dan finish di Depan Pondok.
Di akhir acara, Minggu malam Senin ditutup panggung Pentas Seni dan kreativitas Santri yang digelar di halaman Pondok Pesantren Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo.(IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *