7 Manfaat Mandi Pagi Sebelum Subuh yang Jarang Diketahui

Aswaja News- Subuh atau pagi buta adalah saat-saat dimana udara berada pada suhu yang cukup dingin. Tak heran banyak orang enggan badannya terkena air dikala itu. Namun, jangan salah, ternyata manfaat mandi sebelum subuh sangat banyak. Bahkan Rasulullah diikuti para sahabat juga mandi di waktu fajar. Demikian pula para ulama. Ternyata hal itu pula yang membuat mereka berumur panjang.

Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan Manusia

Dikutip dari buku Yang Terucap Yang Tertulis: Cara Gampang Jadi Orang Baik karya Mas Wantik (35:2016), banyak penelitian yang menemukan bahwa semakin pagi, kian banyak pula kandungan ozon (O3) serta alpha air yang memiliki khasiat besar. Inilah mengapa orang yang mandi sebelum subuh punya tubuh lebih bugar dari pada yang tidak. Oleh karena itu, berikut di uraikan manfaat mandi sebelum subuh.

1.Melancarkan Peredaran Darah
Dari hasil penelitian di Inggris, mandi tatkala fajar dapat melancarkan peredaran darah. Tubuh akan terasa lebih bugar dan hal itu bisa menjadi bekal kita untuk menjalani hari.

2.Meningkatkan Kesuburan
Rupanya mandi sebelum subuh juga bermanfaat bagi sistem reproduksi manusia, yaitu bisa tingkatkan hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Maka ini layak dicoba pada pasangan suami istri yang sedang menjalani program hamil.

3.Memperbaiki Kesehatan Jaringan Tubuh
Kulit juga akan mendapat dampak positif dari mandi sebelum subuh, yakni kulit akan menjadi lembab serta kenyal. Bukan hanya itu, lingkaran hitam pada mata lama-kelamaan juga bisa memudar.

4.Meningkatkan Sel Darah Putih
Khasiat selanjutnya adalah bisa tingkatkan sel darah putih. Akibatnya, daya tahan tubuh serta kemampuan badan untuk melawan virus pun akan meningkat pula. Tubuh pun jadi tak mudah sakit jika rutin mandi sebelum subuh.

5.Sembuhkan Ketergantungan Obat dan Narkotika
Di jaman sekarang kian marak orang yang terjebak pada narkoba. Jika sudah kecanduan maka tak mudah untuk lepas dari barang haram tersebut. Namun, rupanya bila rajin mandi sebelum subuh, maka akan membantu menangkal rasa kecanduan tersebut.

6.Sembuhkan Jerawat
Penelitian menyatakan mandi ketika sebelum subuh baik untuk orang berjerawat serta kulit berminyak. Hal ini karena minyak yang menumpuk semalaman serta kotoran di pori-pori akan terhempas bila mandi di waktu tersebut. Jerawat pun akan mereda.

7.Redakan Nyeri Otot
Efek relaksasi ketika mandi pagi serta aktivitas syarat bisa mengurangi rasa sakit yang ada di otot. Itulah sebabnya dengan mandi di pagi buta berangsur akan obati nyeri otot.

Itulah tadi beberapa manfaat mandi sebelum subuh yang bisa didapatkan oleh tubuh. Bahkan relaksasi yang didapat tubuh tak hanya berefek baik pada fisik, tapi juga kesehatan mental manusia. (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *