Tak Hanya di Malam 1 Muharam, Berikut Waktu Terbaik Minum Susu Agar Terasa Manfaatnya

Aswaja News- Menurut Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, salah satu amalan yang dianjuran dalam rangka menyambut bulan Muharram yaitu minum susu. Minum susu di malam 1 Muharram diniatkan sebagai bentuk tafa’ulan. Yakni harapan agar sepanjang tahun dijadikan tahun yang putih, tahun yang bersih, tahun yang melakukan banyak kebaikan.

Secara agama, masih menurut Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, minum susu dianjurkan tepat pada malam 1 Muharram. Namun, secara kesehatan, minum susu baiknya memang dilakukan setiap hari. Mengingat susu memliki banyak khasiat/manfaat bagi kesehatan tubuh.

1.Menunjang pertumbuhan pada tulang dan gigi
Pertumbuhan tulang dan gigi merupakan hal pertama dan paling umum dikenal dari manfaat susu. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan yang ada di dalamnya yaitu zat kalsium sekitar 1 gram per liter. Khususnya bagi anak-anak untuk masa pertumbuhannya. Namun jangan salah, kalsium juga banyak manfaatnya untuk orang dewasa. Kecukupan kalsium juga dapat membantu terhindar dari osteoporosis saat tua nanti.

2.Mendukung proses pembekuan darah dan penyembuhan luka
Kalsium berperan penting dalam proses pembekuan darah dan penyembuhan luka. Jika ingin mendapatkan manfaat dengan baik, agar bermanfaat secara maksimal.

3.Membentuk otot
Susu juga merupakan salah satu sumber protein yang baik. Protein di dalam tubuh berperan sangat penting terutama dalam pembentukan otot. Tidak hanya itu saja, susu juga memiliki sumber asam amino esensial yang tidak dapat dibentuk secara mandiri oleh tubuh.

4.Menjaga kesehatan jantung
Susu merupakan salah satu sumber kalium yang berperan membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu, terdapat pula kandungan asam lemak seperti omega-6 (dalam bentuk asam linoleat) dan omega-3 (dalam bentuk asam alfa linoleat) yang banyak di manfaatkan untuk kesehatan tubuh. Susu juga menyimpan asam oleat yang berguna untuk membantu mencegah penyakit jantung koroner.

5.Membantu memperbaiki suasana hati
Vitamin D yang terkandung pada susu ternyata bisa membantu meningkatkan produksi hormon serotonin di dalam tubuh. Hormon serotonin dapat mengatur suasana hati, nafsu makan hingga kualitas tidur. Dengan begitu, seseorang yang mengonsumsi susu setiap hari dapat terhindar dari keluhan mudah lelah maupun depresi.

6.Menjaga kulit tetap sehat
Manfaat susu lainnya adalah menjaga kulit tetap awet muda dan sehat. Susu memiliki kandungan protein dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, D dan E yang juga berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas akibat paparan sinar UV maupun polusi udara. Lalu, protein yang di dalam susu juga membantu menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit tetap kencang.

7.Membantu tidur lebih nyenyak
Meminum susu membuat tidur akan lebih nyenyak. Sejumlah penelitian menemukan bahwa minum susu sebelum tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak. Karena, potensi susu untuk meningkatkan kualitas tidur kemungkinan terkait dengan senyawa kimia tertentu atau efek psikologis dari rutinitas sebelum tidur yang menyenangkan.

8.Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat minum susu yang terakhir adalah untuk meningkatkan imun atau kekebalan tubuh. Karena selain kalsium dan protein, susu juga mengandung mikronutrien yang sangat baik yaitu senyawa antioksidan seperti vitamin E, selenium dan seng. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa konsumsi susu sapi alami yang diberi makan rumput dapat meningkatkan kekebalan dan perlindungan imun terhadap penyakit. (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *