Nikmatnya Nasi Pecel dan 5 Manfaat Untuk Kesehatan

Aswaja News- Seperti yang kita ketahui, pecel merupakan makanan yang berasal dari pulau jawa. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan berbagai macam sayuran dan disiram dengan bumbu kacang sebagai bahan utamanya. Pecel ini dapat kita temukan terutama di daerah Jawa Timur seperti Madiun dan Kediri, selain daerah Jawa Timur pecel juga sudah dapat ditemukan pada daerah lain selain jawa timur, contohnya seperti Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Makanan pecel ini kebanyakan bisa ditemukan dipasar tradisional, namun ada juga yang menjualnya di warung kaki lima pinggir jalan, karena pecel lebih identik di daerah Jawa Timur khususnya Madiun, banyak juga yang menjual pecel di sekitar stasiun Madiun dan Surabaya. Pecel ini biasanya dihidangkan dengan tanmbahan pelengkap seperti krecek, ayam, tempe atau tahu, dan tambah nikmat jika menggunakan tambahan peyek, beberapa daerah juga ada yang menggunakan mie kuning sebagai pelengkap.

Karena pecel saat ini sudah sangat mendunia, makanan pecel ini ada beberapa jenis lho sahabat Aswaja News seperti pecel Madiun, pecel Ponorogo, pecel punten yang berasal dari daerah Tulungagung, pecel kecombrang, pecel ndeso, pecel kenci dan pecel kembang turi. Namun itu hanya sebagian jenis pecel saja karena pada masing masing daerah mempunyai ciri khas tersendiri dalam membuat pecel.

Selain pecel mempunyai jenis, cara menghidangkan pecel juga ada banyak jenisnya lhoo, seperti menggunakan piring lidi yang disebut lingke, pincuk, atau tampah bambu. Sayuran yang dihidangkan dalam pecel ini juga beragam tentunya, seperti kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi, namun hal itu kembali lagi pada daerah masing masing, karena setiap daerah berbeda dalam penyajian dan isian yang disajikan pada pecel.

Untuk penyajian bumbu kacang yang disiramkan di atas pecel atau yang disebut sambal pecel terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, kecombrang, daun jeruk purut dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek. Selain itu, ada juga salah satu daerah yang menambahkan daun bawang dan asam jawa ke dalam campuran air hangat untuk mencairkan sambal pecel.

Karena pecel ini dihidangkan dengan berbagai macam sayuran, tentunya makanan pecel ini juga sangat banyak manfaatnya bagi tubuh, pecel kebanyakan dihidangkan dengan nasi yang tentunya mengandung karbohidrat yang memberikan energi bagi tubuh. Berikut ini manfaat pecel bagi kesehatan tubuh ;

1.Menjaga Kesehatan Mata

Nasi pecel kaya akan sayuran hijau. Salah satunya adalah bayam, yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya untuk menjaga, ia juga mampu meminimalisir resiko terjadinya sakit mata. Termasuk mencegah terjadinya rabun senja serta membantu memperlambat penurunan penglihatan seiring bertambahnya usia.

2.Memperlancar Pencernaan

Sayuran banyak mengandung serat dan enzim yang dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan. Keduanya diperlukan untuk memperlancar keluarnya racun dan kotoran pada saluran pencernaan serta menjaga kesehatan usus. Bahkan saus kacang yang disiramkan pada nasi pecel pun kaya akan serta dan vitamin K. Perlu diketahui bahwa kekurangan serat sendiri dapat menimbulkan penyakit maag.

3.Menghilangkan Jerawat

Salah satu penyebab jerawat adalah kurangnya asupan vitamin A dalam tubuh. Kenapa? Pada saat kadar vitamin A dalam tubuh rendah, maka produksi protein alami pada rambut, atau disebut dengan keratin, akan meningkat dan melebihi batas. Akibatnya, produksi minyak di kulit juga akan meningkat dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat yang berujung pada timbulnya jerawat. Untungnya, seperti disebutkan di atas, sayuran bayam kaya akan vitamin A, sehingga dapat menghilangkan sekaligus mencegah hadirnya jerawat. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin K (termasuk dalam sambal pecel) yang berkhasiat untuk menjaga keelastisan kulit.

4.Meningkatkan Kesuburan

Tauge atau kecambah mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan pelindung sel dari serangan radikal bebas. Vitamin tersebut juga mampu meningkatkan kualitas sperma sehingga secara langsung turut berperan dalam membantu kesuburan pria.

5.Menjaga Kesehatan Rambut 

Tidak ingin rambut rontok? Cobalah untuk mengkonsumsi tauge secara teratur. Terdapat kandungan vitamin C di dalamnya, yang tidak hanya meningkatkan pertumbuhan rambut, melainkan juga membantu menghancurkan radikal bebas yang menjadi salah satu sumber kerusakan rambut. Bisa dikatakan, rutin sarapan nasi pecel bisa membuat rambut lebih bersinar dan berkilau, elastis, serta tidak kusam.

Nutrisi lain yang dapat ditemui dalam toge adalah selenium. Ia dapat membantu membunuh jamur yang membuat kulit kepala menjadi kering dan gatal, menghilangkan ketombe dan kotoran, serta mendorong pertumbuhan rambut baru. Cocok bagi sahabat Aswaja News yang sudah mengalami tanda-tanda kebotakan.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi nasi pecel, namun saya batasi 5 saja dulu. Nanti mungkin saya tambahkan jika tidak malas, hehehe (Sal)

One thought on “Nikmatnya Nasi Pecel dan 5 Manfaat Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *