Cak Nun, Jokowi dan Keteladanan

Oleh: Rosadi Jamani (Dosen UNU Kalbar)

Hari ini kita diajari keteladanan yang luar biasa oleh Presiden Jokowi. Di tengah kesibukannya, beliau menyempatkan menjenguk Emha Ainun Najib alias Caknun di rumah sakit. Caknun tengah mengalami pendarahan di otak sehingga tak sadarkan diri.

Beberapa waktu lalu, Caknun sering menyerang Jokowi. Tak hanya sebagai kepala pemerintahan, tapi juga personal. Serangan Caknun paling viral mengatakan Jokowi seorang Fir’aun. Serangan ini tidak mengusik emosi Jokowi. Presiden RI sudah kebal dikatakan demikian. Ia diam dan tak mempedulikan serangan Caknun itu. Begitu juga dengan keluarga besarnya, cuek.

Muncul kabar duka, Caknun dilaporkan masuk IGD dan harus dirawat intensif. Mungkin kebanyakan orang, akan bilang “Syokor Lho..!” Tidak dengan Pakde, ia malah jenguk Caknun. Seolah-olah tidak ada dendam kalau pernah dikatakan Fir’aun. Ia mendoakan agar budayawan top Indonesia ini bisa sembuh kembali. Jokowi telah memberikan teladan mulia pada rakyatnya. Hilangkan rasa permusuhan pada saudaramu. Lebih baik mengalah demi hubungan tetap baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *