Manfaat Sarapan Pagi yang Jarang Diketahui

Manfaat sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam menjalankan aktivitas keseharian kita.

Aswaja New- Jangan pernah menyepelekannya karena kesibukan anda. Pentingnya sarapan pagi ini tidak bisa dipungkiri karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia. Aktivitas yang di mulai saat pagi hari ini merupakan permulaan hari anda sehingga sangat perlu ditopang oleh adanya energi yang di dapat dari sarapan pagi anda.

Tak hanya menambah energi dan nutrisi, sarapan juga disarankan dalam ajaran agama islam, karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi .Semua juga berkaitan dengan kebiasaan Nabi Muhammad SAW, yang rajin sarapan dan menekankan pentingnya sarapan di dalam islam.

Berbekal sarapan pagi yang kita lakukan ini merupakan pasokan energi untuk memulai aktivitas. Aktivitas yang telah ditunjang oleh nutrisi sarapan pagi ini akan membuat kegiatan berjalan baik dengan penuh senangat. Berikut ini merupakan fakta dari manfaat sarapan pagi.

1.Sumber Energi

Untuk beraktivitas sepanjang hari dalam bekerja sangat penting untuk memberikan nutrisi tubuh yang baik di pagi hari. Sarapan di pagi hari juga dapat membantu Anda dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari. Sesibuk apapun anda usahakan menikmati sarapan pagi, karena dengan sarapan tubuh akan memiliki ‘Bensin’ yang dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas.

2. Mengembalikan Metabolisme Tubuh

Saat tidur tubuh tidak mengkonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas namun jika, sarapan ini terlewatkan tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, hati yang disebut glikogen. Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag.

3.Mengurangi Risiko Penyakit

Banyak yang dapat dicegah dengan sarapan, salah satunya mencegah penyakit jantung, bahkan diabetes. Jadi masih mau melewatkan sarapan hanya karna malas? Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

4.Membuat Pikiran Tetap Fokus

Sarapan ternyata bisa menambah daya konsentrasi kita. Tak hanya itu, sarapan bisa memengaruhi mental kita di setiap pagi. Jadi jangan sampai kalian melewatkan selai sarapan.

5. Menjadikan Suasana Hati Happy

Sarapan nyatanya sangat mempengaruhi suasana hati loh, membayangkan jika perut kalian kosong dan cacing cacing diperut mulai berteriak, betapa galaunya pikiran kalian. Jadi usahakan setiap hari menyiapkan sarapan yang seimbang agar dapat meningkatkan hormon serotonin, dopamin, oksitosin, dan endorfin. Hormon tersebut dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih bahagia.

6.Pemasok Energi Setiap Pagi

Untuk menjalani hari yang panjang tentunya kita membutuhkan banyak stok energi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin ada jika kita mau sarapan dengan tepat 4 sehat 5 sempurna, yang pasti untuk menyempurnakan hari panjangmu tanpa adanya dia. Ha ha ha…

Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Kalimantan Timur mengungkapkan dalam sebuah penelitian tentang “sarapan sehat sebelum jam 9 untuk perbaikan gizi dan kemandirian pangan “

Tips Sarapan Pagi Manfaat sarapan pagi tentu tergantung dari asupan yang kita nikmati, Anda harus menikmati asupan yang kaya gizi hingga memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh. Berikut adalah tipsnya.Sarapan dengan makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan Makanan tinggi protein, konsumsi telur dan susu sangat baik untuk sarapan Makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk sarapan Hindari makan terlalu banyak Berikut adalah jenis makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan pagi :Susu Telur roti Sayuran Sedikit nasi Kandungan makanan yang anda asup saat pagi hari akan memicu hidup sehat anda dan energi untuk menjalani berbagai aktivitas di siang hingga malam hari.

Jadi Siapa nih yang masih meremehkan sarapan? Yakin masih mau meninggalkan sarapan setelah tahu manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Yuk luangkan waktumu 15 menit saja buat sarapan agar tubuh menjadi bugar dan siap menjalani aktivitas seharian dengan semangat dan produktif. Selamat mencoba ☺ (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *