Kapan Waduk Bendo Dibuka?

Aswaja News – Masyarakat Ponorogo sebenarnya sudah sangat merindukan akan adanya obyek wisata baru untuk alternatif melakukan healing apalagi pada saat liburan sekolah telah tiba. Obyek wisata alam masih menjadi obyek wisata favorit, apalagi yang memiliki view komplit, ada gunung, hutan, air dan flora fauna. Waduk Bendo agaknya mewakili keinginan tersebut.

Tapi sayangnya waduk ini sampai sekarang belum dibuka untuk umum semenjak diresmikan Presiden Jokowi setahun yang lalu. Pintu gerbang ke dermaga masih terkunci rapat. Hanya petugas waduk saja yang boleh masuk.

“Sedang dibangun dermaganya mas, belum boleh masuk. Dermaganya ada di sebelah timur sana itu lho, sudah lama dikerjakannya” ujar Siti salah satu pemilik warung yang berjualan di seberang waduk.

Pemandangan waduk yang menghampar hanya dapat dinikmati dari warung-warung yang dikelola masyarakat Desa Ngindeng dan sekitarnya di lereng sebelah Utara di pinggir jalan utama. Jalan aspal dari Desa Kemuning sampai waduk sudah mulai rusak di beberapa titik.

“Dulu pengunjung nya rame mas awal-awal itu, sekarang sepi. Mungkin karena gak bisa masuk. Kalau dermaga selesai ada perahunya seperti Ngebel gitu mungkin rame lagi” imbuh Siti lagi. Mungkin bener juga karena hamparan air waduk lebih luas dari telaga Ngebel.

Waduk memiliki fungsi banyak sekali. Selain untuk wisata air bisa dikelola untuk irigasi, suply air baku, pembangkit listrik dan sarana oleh raga air. Selain itu juga bisa menjadi tempat budidaya ikan air tawar berekonomi tinggi. Sebenarnya jika dikelola secara maksimal dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Ponorogo.

“Semoga waduknya segera dibuka saya pengin naik perahu mengelilingi waduk…asyik kayaknya….he he” ujar salah satu pengunjung yang tidak mau menyebutkan namanya ini didampingi pasangannya.

Perlu diketahui bahwa Waduk Bendo berada di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo merupakan salah satu proyek strategis nasional pemerintah untuk menjamin ketahanan pangan nasional. Selain Waduk Bendo, juga dibangun Waduk Nglinggis di Trenggalek dan Waduk Tukul di Pacitan yang semuanya sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi. (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *