Haflah Akhirussanah MTs dan MA Ma’arif Balong Bertabur Prestasi

Aswaja News – Tidak ketinggalan dalam merayakan momentum Haflah Akhirussanah tahun 2023, hari ini Sabtu (17/06) MTs dan MA Ma’arif Balong yang berada di Desa Jalen dan Singkil Kecamatan Balong ini mengadakan acara yang meriah. Tahun ini Mts Ma’arif Balong meluluskan 49 orang santri dan MA Ma’arif Balong meluluskan 21 orang santri. Acara ini dimeriahkan dengan pertunjukan seni marching band dan organ tunggal yang dihadiri oleh para Kyai dan sesepuh madrasah. Selain itu hadir juga Forkopimcam Balong, Kades Jalen, Pengurus LP. Ma’arif NU Cabang Ponorogo, BP3MNU dan para wali santri.

Dalam sambutannya, Binti Kurnia Maulida, M.Pd selaku Kepala MA Ma’arif Balong mengatakan bahwa program MA Ma’arif Balong menekankan kepada santriwan dan santriwati untuk mempunyai akhlakul karimah dan berpengetahuan dibuktikan dengan prestasi santriwan dan santriwati yang menjuarai KSM tiap tahun. “Para santriwan dan satriwati harus menguasai skill” tegasnya. MA Ma’arif Balong mempunyai visi “Sebagai MA plus” yaitu selain belajar formal para santri diajari untuk memiliki ketrampilan

Untuk mewujudkan impian tersebut, MA Ma’arif Balong mempunyai MOU dengan BLK Karanglo. “Alhamdulillah sebagian santriwan sudah ada yang terserap di DUDI, dan sebagian santriwan yang melanjutkan ke perguruan Tinggi, dan alhamdulillah 8 santri mendapat beasiswa UKT 1 di IAIN PONOROGO, dan satu santri mendapat KIP di IKIP PGRI Ponorogo” ujar Bu Binti (panggilan akrabnya).

Tidak mau kalah dengan MA nya, MTs Ma’arif Balong juga menekankan akhlakul karimah dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal ini dibuktikan dengan diadakan juga wisuda Tahfidh Al Qur’an. ” Alhamdulillah pada hari ini telah diwisuda 20 santri,semoga ke depan terus bertambah jumlahnya” ucap Jalal Suyuthi, S.Ag selaku Kepala MTs Ma’arif Balong ini. Semua prestasi tersebut membuktikan bahwa MTs dan MA Ma’arif Balong telah berhasil menggembleng santrinya menjadi generasi qur’ani, karena terilhami ajaran Mbah Sunan Kudus yakni Gus Ji Gang, maksudnya Gus yaitu bagus berakhlakul karimah, Ji yaitu ngaji atau mengajilah, Gang atau Dagango berarti terampillah atau berkaryalah.

Prestasi lain MA Ma’arif Balong lainnya adalah menjuarai KSM mapel biologi porseni, juara 3 lomba lari 100 meter sehingga alumni 2022 karena prestasinya tersebut mendapat KIP sebanyak 7 orang santri. Sedangkan MTs Ma’arif Balong sebanyak 20 santri telah diwisuda tahfidh Al Qur’an dan menjuarai lomba memanah di SMK PGRI competition. “Dikarenakan banyaknya prestasi tersebut maka tidak heran jika MTs dan MA Ma’arif Balong jumlah santrinya terus bertambah dengan total murid MTs sebanyak 170 orang siswa dan untuk MA nya sebanyak 77 orang siswa” ucap ketua BP3MNU beliau Dr. KH. Syaifullah, M.Ag dalam sambutannya. Tidak ketinggalan ucapan terimakasih dan bangga disampaikan oleh wakil Wali Murid yang di sampaikan oleh Bapak Thoyib Prasetyo. (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *