Bidik Scopus, Tim Jurnal FEBI IAIN Ponorogo Gandeng Dua Universitas Terkemuka di Jawa Timur

Aswaja News – Menjelang awal perkuliahan tahun akademik 2023/2024, Tim Rumah Jurnal FEBI IAIN Ponorogo menggelar kunjungan kerjasama tata kelola jurnal ilmiah bereputasi di dua Universitas Jawa Timur. Dua universitas yang dituju adalah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada Jumat, 11/08/2023.

“Kedatangan kami di Untag Surabaya sebagai follow up agenda workshop Rumah Jurnal FEBI dengan bu Mutrofin sebagai expert journal editor yang telah berhasil mengawal indeksasi Scopus beberapa jurnal PTKIN. Harapan kami salah satu jurnal di FEBI bisa terindeks Scopus”. Ungkap Mukhtim Humaidi selaku Koordinator Rumah Jurnal FEBI dalam sambutannya di UNTAG Surabaya.

Dalam kunjungan pertama di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, tim Rumah Jurnal FEBI disambut langsung oleh Pimpinan Untag yang diwakili Bapak Supangat M.Kom Direktur Sistem Informasi YPTA dan Kaprodi Sistekin. Kunjungan ke Untag lebih banyak mencermati tata kelola jurnal terindeks Scopus. Kegiatan dipandu oleh Siti Mutrofin, M.Kom selaku Editor in Chief di Jurnal IJTCS. Perempuan yang sangat expert dalam tata kelola jurnal bereputasi ini juga membedah dua jurnal di FEBI IAIN Ponorogo; seperti jurnal El-Barka dan Jurnal Etihad. Beberapa perbaikan dalam sisi manajemen turut disampaikan seiring bedah jurnal. Tak lupa Mutrofin juga memberi masukan dalam sisi substansi naskah agar lebih siap untuk melaju ke jurnal dengan indeksasi Scopus.

Sementara kunjungan kedua dilakukan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan disambut oleh Dekanat Fakultas Ekonomi dan Tim Jurnal Fakultas yang dihadiri langsung Wakil Dekan 1, Prof. Dr. Siswanto, M.Si dan Wakil Dekan 2 Dr. Nanik Wahyuni, M.Si.

“Kami mewakili jajaran Dekanat Fakultas Ekonomi UIN Maliki mengapresiasi kedatangan tim Rumah Jurnal FEBI IAIN Ponorogo di kampus ini, semoga kunjungan ini menghasilkan kolaborasi publikasi dan penguatan jurnal-jurnal dilingkungan FE UIN Maliki dan FEBI IAIN Ponorogo.” Papar Prof.Siswanto, Wadek 1.

Beberapa hal yang didiskusikan lebih mengarah pada manajemen fakultas dalam mengawal jurnal-jurnal dan penguatan kapasitas pengelola. Setidaknya keterlibatan pihak fakultas dalam mengawal tata kelola jurnal secara intens adalah salah satu pintu keberhasilan dalam meraih reputasi jurnal. Di samping fakultas juga harus meremajakan beberapa pengelola jurnal.

“Kunjungan kami ke Pengelola Jurnal UIN Maliki Malang sebagai bentuk sinergi dalam membangun tata kelola jurnal yang bereputasi nasional dan internasional termasuk kolaborasi dalam publikasi diantara dosen FEBI IAIN Ponorogo dan FE UIN Maliki Malang.” Ujar Gus Mukhtim, Editor in Chief Jurnal ElBarka.

Kunjungan ilmiah di Untag Surabaya dan UIN Maliki Malang dari Tim Rumah Jurnal FEBI IAIN Ponorogo diakhiri pukul 17.00 WIB. Dalam waktu dekat hasil kunjungan tim Rumah Jurnal FEBI di dua Universitas tersebut akan ditindaklanjuti dengan Pimpinan Fakultas dalam penguatan tata kelola jurnal-jurnal FEBI yang bereputasi. (hans/adj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *