Komitmen Ciptakan Generasi Moderat, MTs As Salam Sooko Ponorogo Gelar Purnawiyata dengan Berbagai Atraksi Budaya

Aswaja News-MTs As Salam Sooko Ponorogo berkomitmen menciptakan generasi moderat lewat purnawayata angkatan ke-28 yang di gelar pada Selasa, (11/6/2024).

Kepala MTs As Salam, Dra. Siti Kholifah menyampaikan bahwa purnawiyata setiap tahun selalu dimodifikasi dengan menampilkan budaya lokal adiluhung.

Beliau berharap dengan begitu siswanya tetap mempertahankan budaya di tengah perkembangan dunia modern yang luar biasa.

“Kami ingin, siswa kita tetap memperhatikan moderasi dalam kehidupan bermasyarakat, walaupun perkembangan zaman yang berubah dan tidak bisa terbendung tapi harus tetap menghargai budaya lokal,” ungkapnya.

Diketahui, MTs As salam Sooko merupakan  satu-satunya madrasah tsanawiyah di Kecamatan Sooko yang berhasil mengadakan Purnawiyata terhadap 57 siswa yang lulus tahun pelajaran 2023/2024.

Madrasah yang berada di Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo tersebut berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Cabang Ponorogo.

Tak sampai disitu, MTs As Salam merupakan madrasah adiwiyata Propinsi Jawa Timur dan madrasah percontohan program PISA 2023.

Dalam Sambutannya, Kepala MTs As Salam  menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan para orang tua memilih MTs As Salam Sooko untuk mendidik anak-anaknya.

“Terima kasih kepada wali murid yang telah mempercayakan pendidikan putra putrinya dan mohon maaf atas segala kekurangan. Selanjutnya, saya harapkan putra putrinya  untuk tetap menempuh pendidikan yang lebih tinggi, tidak hanya berhenti di jenjang MTs saja,” kata Kamad Senior di Ponorogo.

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa dalam proses pembelajaran di MTs As Salam, para siswa selain diajarkan secara Aakademis juga selalu ditanamkan nilai Al-Qur’an dan Aswaja hingga pelestarian budaya sejak dini.

“Di Madrasah ini kita tanamkan nilai Al-Qur’an dan Aswaja sehingga target lulus dari MTs juga bisa memimpin tahlil, namun juga kita kenalkan budaya agar bisa menjadi generasi yang moderat,” lanjutnya.

Dalam pelaksanaan Purnawiyata tahun ini, selain pemberian piagam penghargaan bagi siswa yang berprestasi, juga ditampilkan kemampuan siswa akhir MTs As Salam dalam kegiatan pengembangan budaya lokal.

Turut hadir dalam kegiatan Purnawiyata MTs Maarif As Salam Sooko antara lain keluarga besar MTs As Salam, siswa yang diwisuda, orang tua siswa, juga dihadiri oleh Forkopimca Sooko, Kepala KUA Sooko dan Pengurus Cabang LP Ma’arif Ponorogo. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *