Tak Hanya Semeru, Ini Daftar Gunung Berapi Aktif di Jawa Timur

AswajaNews – Selain kaya dengan kebudayaan, Jawa Timur juga dikenal karena memiliki daftar gunung aktif, termasuk salah satunya gunung Semeru.

Selain adanya gunung aktif ini bisa dijadikan sebagai penghasilan pendapatan karena bisa untuk destinasi wisata, namun di sisi lain hal ini menyisakan kewaspadaan karena jika salah satu gunung aktif di Jawa Timur ini meletus, maka banyak sekali kerusakan yang akan terjadi.

Salah satu gunung aktif yang sering dikunjungi adalah Semeru, banyak wisatan yang hanya sekadar berlibur atau para pendaki dari luar daerah yang ingin merasakan tantangan Gunung Semeru ini.

Namun perlu kalian ketahui, ternyata tak hanya gunung Semeru saja yang berstatus aktif. Berikut ini daftar gunung berapi aktif yang ada di Jawa Timur:

Gunung Kelud

Gunung Kelud yang terletak di antara Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang hingga kini masih berstatus aktif.

Gunung yang memiliki tinggi 1.731 meter di atas permukaan laut ini sudah meletus sebanyak 30 kali dan terakhir pada tahun 2014, sehingga perlu untuk diwaspadai.

Gunung Bromo

Gunung Bromo yang menjadi destinasi wisata di Jawa Timur ini ternyata berstatus gunung aktif.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut yang mencakup daerah Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggi.

Hingga saat ini, Gunung Bromo masih mengeluarkan asap putih dari dalam kubahnya.

Gunung Lamongan

Gunung aktif selanjutnya yang ada di wilayah Jawa Timur adalah Gunung Lamongan.

Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo dengan ketinggian 1.651 meter di atas permukaan laut.

Terakhir kali Gunung Lamongan ini meletus pada tahun 1898.

Gunung Raung

Gunung Raung merupakan gunung yang berada di wilayah Jawa Timur yang meliputi Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.260 meter di atas permukaan laut dan memiliki empat titik puncak, yaitu Puncak 17, Puncak Bendera, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati.

Gunung Raung terkahir kali meletus pada tahun 2015 dan sampai saat ini gunung ini masih berstatus aktif.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *