Cegah DBD, PP. Darur Rohmah Gandu Ponorogo Lakukan Fogging Mandiri

Aswaja News – Pondok Pesantren Darur Rohmah Gandu, Mlarak, Ponorogo adakan fogging mandiri pada Selasa (14/5/2024).

Pondok Pesantren yang menaungi SMP Darur Rohmah dan SMK Darur Rohmah tersebut menggelar fogging mandiri di seluruh area lingkungan pondok.

Fogging atau tindakan pengasapan dikenal dengan fungsinya sebagai pembasmi nyamuk demam berdarah.

Kegiatan pengasapan ini menggunakan bahan insektisida untuk membunuh nyamuk dewasa penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

Meski menggunakan alat yang sederhana, jika dilakukan dengan benar, cara ini dapat bermanfaat untuk membunuh nyamuk.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh tim Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Mlarak ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam.

“Fogging dimulai dari area paling belakang pondok sampai halaman paling depan dalem. Setiap sudut dan ruang pondok tidak ada yang terlewatkan,” ungkap Gus Albab (Pengasuh Pondok Darur Rohmah).

Lebih lanjut dijelaskan, tindakan sterilisasi pondok dilakukan agar fogging tidak membahayakan santri atau warga sekitar.

“Santri diharapkan keluar halaman pondok  terlebih dahulu. Tim pengasuhan pondok juga ikut membantu dalam sterilisasi setiap ruang agar jangan sampai penyemprotan fogging malah membahayakan santri atau warga sekitar lain lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Gus munawwir selaku pimpinan lembaga di Darur Rohmah mengatakan selain mencegah DBD, fogging dapat membantu untuk membuat lingkungan tempat belajar menjadi lebih nyaman.

“Fogging ini membantu hilangnya berbagai nyamuk atau serangga lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan peserta didik ketika berada di sekitar lingkungan pondok dan sekolah,” jelasnya.

Menurutnya, fogging dinilai cukup efektif dalam membersihkan lingkungan baik dari nyamuk, serangga, kuman, virus, dan bakteri sehingga para orang tua dan santri tidak perlu khawatir.

“Santri dan orang tua yang di rumah juga tidak perlu lagi khawatir terhadap anaknya atas gangguan oleh berbagai nyamuk dan serangga,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan fogging juga dilanjutkan ke Rabasa Grup, karena banyaknya santri Darur Rohmah yang bersinergi dengan perusahaan tersebut. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *