Tanamkan Disiplin dalam Ibadah dan Penguatan Hubungan Sosial, MI Ma’arif Gandu Mlarak adakan Pondok Ramadhan Selama 3 Hari

Aswaja News – Program Pondok Ramadhan di MI Maarif Gandu Mlarak Ponorogo dapat memberikan berbagai manfaat bagi siswa dan siswi yang mengikutinya. Tema yang diambil dari pondok Ramadhan tahun 1445 H ini adalah Disiplin dalam Ibadah dan penguatan hubungan Sosial. Program ini dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka tentang cara bersuci yang benar dan tata cara Sholat yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. juga disampaikan dalam materi tausiyah nilai-nilai moral, dan praktek keagamaan. Ini termasuk pembelajaran mengenai ibadah, akhlak, dan praktik-praktik keislaman lainnya.

Abdulloh Zumar, Kamad MI Maarif Gandu menambahkan, Peningkatan Kepribadian juga ditekankan dalam pondok Ramadhan ini. Sehingga dapat membantu dalam pembentukan kepribadian siswa. Melalui kegiatan-kegiatan keislaman dan pengembangan diri, siswa dapat mengembangkan sikap positif, kejujuran, disiplin, dan nilai-nilai lain yang positif. Disamping dikuatkan juga Pengalaman Sosial dan Kemanusiaan. Program ini mungkin mencakup kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Ditambahkan Penguatan Hubungan Antar individu antara lain Melalui interaksi dan kegiatan bersama selama program Pesantren Ramadhan diharapkan siswa dapat membangun hubungan yang erat dan solid dengan teman-teman sekelas atau peserta lainnya. Ini dapat memberikan dukungan sosial dan kebersamaan yang positif. Selain itu juga ditanamkan Kedisiplinan waktu yang diimplementasikan dalam jadwal harian yang ketat, termasuk waktu untuk ibadah, pembelajaran, dan kegiatan lainnya. Hal ini dapat membantu siswa memahami dan menghargai pentingnya disiplin dan organisasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Acara pondok Ramadhan di MI Ma’arif Gandu Mlarak berlangsung pada tanggal1-3 April 2024 dengan Roundown Acara sebagai berikut:
Hari pertama:

  • Pembukaan dibuka Bpk Kepala Madrasah Drs. Abdulah Zumar.
  • Tausiyah: Ketua Ranting NU Desa Gandu Bpk K. Tantowi Muid, S.Ag.
  • dilanjut materi Thoharoh oleh ustdz.Yayuk Sulistiani.

Hari Kedua:

  • Tausiyah : Ketua Yayasan AN NUUR Bapak KH. Drs. Usman Yudi, MA.
  • Dilanjut materi Bab Sholat oleh K. Choirul Anwar.
  • Buka bersama dengan seluruh siswa siswi beserta Bpk ibu guru, pengurus yayasan dan tokoh masyarakat desa gandu sebanyak 250 peserta.
  • Acara untuk Malam harinya Sholawatan Diba’i bersama PAC IPNU Kecamatan Mlarak.

Hari ketiga:

  • Sahir bersama.
  • senam kebugaran.
  • kebersihan lingkungan.
  • Saling memaafkan.

“Semoga dengan pondok Ramadhan ini, kita harapkan mampu membentuk karakter siswa yang disiplin, mampu berinteraksi yang baik dengan masyarakat.” Tutur Abdullah Zumar saat ditemui kru Aswajanews di sela sela kegiatan. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *