MI Ma’arif Al-Faqih Wringinanom Sambit Adakan Mabit Pesantren Ramadhan 1445 H

Aswaja News – Momentum Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah kali ini benar-benar dimanfaatkan maksimal oleh Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Al-Faqih Wringinanom Sambit Ponorogo, MI dibawah binaan LP. Ma’arif NU Kabupaten Ponorogo ini menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H selama sepekan mulai 25/3/2024 s.d 30/03/2024.

Kegiatan ini mengusung tema “Membentuk Pribadi yang Berakhlaqul Karimah, Beriman, Berkualitas dan Bertaqwa”.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, serta membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab, sekaligus meningkatkan kesadaran sosial dan kepedulian terhadap sesama serta lingkungan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Bandi, M.Pd.I, selaku Kepala Madrasah, Senin (25/03/2024) dan akan berlangsung selama sepekan (enam hari), yang terbagi dalam dua sistem pembelajaran (2 hari laju dan 4 hari mukim) dengan tagline “Puasaku Totalitas, Ramadhanku Berkualitas, Belajarku Tuntas”.

“Dengan Pesantren Ramadhan, saya berharap para siswa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan agama yang mendalam dan nilai-nilai kemandirian serta kepedulian sosial. Ini juga bagian dari proses pendidikan karakter yang komprehensif di MI Ma’arif Al-Faqih Wringinanom,” paparnya.

Selanjutnya, kegiatan yang dilaksanakan selama pesantren ramadhan diantaranya : khataman Al-Qur’an, shalat dhuha dan muhasabah, tahlil, dan doa serta ngaji kitab Ayyuhal Walad, Alala dan Risalatul Mahidh. Buka bersama dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah, Isya, dan shalat sunah Tarawih dan Qiyamul Lail.

Adapun materi kultum disampaikan oleh : Ketua Yayasan Pendidikan Islam, Al Faqih (K. Samsul Arifin), Rais Syuriyah NU ranting Wringinanom (Kyai Muhyidin), Pengasuh Ponpes Mambaul Ulum Wringinanom (Kyai Markhaban) Materi ini difokuskan pada pembentukan karakter/akhlak siswa/siswi agar memiliki pribadi yang santun, berakhlaq mulia, dan menjadi teladan di lingkungan mereka.

Pada sepertiga malam yang akhir (sekitar pukul 02:30-03.00), dilaksanakan sholat tahajud dan dilanjutkan makan sahur. Subuh berjamaah dilaksanakan di Musholla Nurul Hidayah MI Ma’arif Al-Faqih, diikuti dengan kultum subuh dan jalan sehat yang dikordinir oleh guru PJOK (Mahmud Isro’i).

Materi terakhir pada hari Sabtu (30/03/2024) akan diisi dengan kegiatan tadabbur alam dan bersih lingkungan”, dengan harapan agar siswa-siswi memiliki akhlak dan cinta & peduli terhadap lingkungannya.

Acara puncak pesantren ramadhan akan ditutup dengan acara tausiyah sekapur sirih dari Ketua YPI Al-Faqih. *** (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *