Tujuh Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Aswaja News – Buah mengkudu (Morinda citrifolia) dalam bahasa Jawa sering disebut Pace, merupakan buah yang banyak dijumpai di daerah tropis. Buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan sebagai sumber antioksidan alami.

Selain itu, buah mengkudu juga dapat diolah menjadi berbagai produk, seperti selai. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut tentang manfaat penting buah mengkudu yang wajib anda ketahui.

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

1. Meredakan nyeri sendi
Mengkudu memiliki sifat anti nyeri dan antiinflamasi, sehingga dapat membantu mengatasi rasa sakit di persendian. Hal ini terbukti dalam penelitian pada 2018 di jurnal Foods. Para peneliti mencatat bahwa uji klinis pada manusia telah menunjukkan potensi manfaat jus mengkudu untuk persendian. Termasuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan jangkauan gerak.

2. Menjaga kadar kolesterol dalam darah
Sebuah riset menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu atau jus buah mengkudu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung. Efek ini diduga berkat kandungan zat antioksidan dan antiradang yang cukup tinggi pada buah mengkudu.

3. Mengobati Demam
Buah mengkudu memiliki sifat antivirus dan membantu meredakan demam. Namun, penting untuk berhati-hati dalam menggunakan mengkudu untuk demam. Karena demam bisa jadi gejala masalah kesehatan lain yang lebih serius.

4. Menjaga kesehatan kulit
Jus buah mengkudu mengandung berbagai kandungan yang bersifat analgesik, antioksidan, hingga antiinflamasi. Ketiga sifat tersebut berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Jus buah ini juga memiliki asam lemak esensial yang merupakan bahan penyusun lemak dan minyak dalam tubuh. Asam lemak esensial ini meningkatkan fungsi membran sel sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat.

5. Mempercepat Penyembuhan
Kandungan nutrisi dalam buah mengkudu bekerja efektif untuk mempercepat proses penyembuhan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah mengkudu memiliki sifat penyembuhan untuk peningkatkan berat jaringan granulasi, hidroksiprolin, kandungan protein, dan fungsi kolagen. Buah mengkudu dengan bunga majemuk berkhasiat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan nutrisi buah tersebut dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh sehingga proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

6. Meningkatkan Imunitas
Buah mengkudu atau buah pace bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah mengkudu sebagai obat herbal memiliki nilai efektivitas tinggi untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh polisakarida. Keberadaan buah mengkudu memiliki kandungan scopoletin dengan sifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antihistamin, dan antimutagenik. Kandungan tersebut berkontribusi secara signifikan dalam mempertahankan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

7. Menurunkan berat badan
Dalam studi klinis pada 2011, diketahui bahwa buang mengkudu dapat membantu dalam mengelola lemak tubuh. Hasil penelitian tersebut, ketika orang dewasa yang obesitas diberikan jus buah mengkudu, setiap partisipan mengalami penurunan berat badan. Namun, penelitian tersebut tidak dapat menentukan seberapa besar kontribusi jus mengkudu terhadap penurunan berat badan.

Dalam kesimpulan, buah mengkudu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko kanker, serta menjaga kesehatan jantung dan mata.

Selain itu, buah mengkudu juga dapat diolah menjadi berbagai produk, seperti selai dan kopi, yang dapat meningkatkan nilai ekonomi dan melestarikan tanaman tersebut. Meskipun begitu, sebaiknya tetap berhati-hati dalam mengonsumsi buah mengkudu dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu. (****)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *