Siswa Yatim Piatu SMP Ma’arif 9 Grogol Dapat Bantuan Bedah Rumah Dari BAZNAS Ponorogo

Aswaja News – Salah satu impian semua orang adalah memiliki tempat tinggal rumah yang layak dan nyaman. Rumah adalah tempat semua orang kembali dari semua aktivitas untuk beristirahat, bercengkerama dengan keluarga dan menjadi “keprabon” salam hidupnya.

Ahad, 10 Desember 2023 merupakan hari bahagia bagi adik Wandra Saputra (15 th) yang merupakan warga RT 02 RT 03 Dusun Karangjati Desa Grogol Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Impian rumahnya direhabilitasi karena sudah tidak layak huni terwujud berkat Program Bedah Rumah dari BAZNAS Kabupaten Ponorogo.

Wandra sangat menginginkan rumahnya tidak bocor tiap hujan dan dinding rumahnya kuat seperti rumah tetangganya. Tapi apalah daya karena ayahnya (Kateni) dan ibunya (Boyami) sudah tiada. Bapak dan ibunya meninggal dunia hanya berselang kurang dari dua tahun. Sehingga dia menjadi anak yatim-piatu.

Setiap hari dia diasuh oleh Pak Dhe nya yang tinggal tidak jauh dari rumahnya. Mulai biaya hidup hingga sekolahnya. Wandra tercatat sebagai siswa di SMP Ma’arif 9 Grogol kelas 9. Dia tergolong anak yang rajin dan bersemangat walaupun tidak memiliki orang tua lagi seperti teman-temannya yang lain.

Sebenarnya Pak Dhe nya pengin dia tinggal serumah dengan dia, tapi Wandra tidak mau karena dengan alasan bahwa rumah itu adalah kenangan dia selamanya dimana bapak dan ibunya serta dia pernah bersama-sama. “Kulo pengin ten griyo Kulo tinggal ane bapak ibu mawon, luwih sekeco walaupun elek….kenangan kalih bapak ibu sing kulo tetep bertahan wonten mriki pak” ucapnya.

Dari keinginannya yang kuat tersebut Pak Dhe nya tidak bisa memaksa. Tapi dengan kasih sayang dia tetep merawat kehidupan keponakannya tersebut yang kini menjadi tanggungjawabnya.

Perlu diketahui bahwa BAZNAS Kabupaten Ponorogo mendapatkan pemberitahuan lewat proposal dari Kades Grogol bahwa ada warganya yang rumahnya membahayakan perlu secepatnya direhabilitasi. Setelah disurvey oleh tim BAZNAS ternyata dihuni oleh anak yatim-piatu dan masih aktif sekolah.

Hasil survey kemudian dibawa ke rapat pimpinan BAZNAS Kabupaten Ponorogo untuk diplenokan. Keputusan rapat pleno memberikan bantuan Program Bedah Rumah untuk adik Wandra dengan besar bantuan Rp. 20 juta rupiah. Bantuan diserahkan secar simbolik oleh Kepala Pelaksana BAZNAS Kabupaten Ponorogo Bapak Sukarni, MM disaksikan oleh Kepala Desa Grogol, Babinsa dan Babinkamtibmas beserta pengurus RT dan panitia. Partisipasi swadaya masyarakat sekitar sangat membantu program ini. (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *