Ikut Serta Meriahkan Hari Santri Nasional, KPUD Ponorogo Gelar Event KPU Goes To Pesantren di Pondok Pesantren Al Islam Joresan

Aswaja News – Dalam rangka ikut memeriahkan Hari santri Nasional KPU pusat menginstruksikan kepada seluruh KPUD kabupaten/ kota untuk lebih dekat dengan pesantren. Hal ini disampaikan ketua KPU Pusat Hasyim Asy’ari dalam pidato virtualnya.

“Kegiatan dekat dengan pesantren ini bertajuk KPU Goes To Pesantren. yang dirancang dalam bentuk Nonton bareng film KEJARLAH JANJI. Event yang dimanfaatkan adalah Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2023.” Tegas ketua KPU pusat.

KPUD kabupaten Ponorogo melakukan break down instruksi tersebut dengan menggelar Nonton bareng di Pondok Pesantren Al Islam Joresan Ponorogo bertepatan dengan perayaan Hari santri di Pondok pesantren yang berlokasi di Tenggara kabupaten Ponorogo.

Acara HSN di pondok Pesantren Al Islam diawali pagi hari dilaksanakan upacara Apel Hari Santri seluruh guru dan santri bersama seluruh pengurus MWC NU MLARAK beserta pengurus ranting dan Banomnya sekitar 3.500 peserta. Kegiatan ini berlanjut dengan kenduri bersama. Sedangkan malam hari diteruskan dengan nonton bareng film edukasi pemilih pemula dari KPUD Ponorogo.

H.Usman Yudi, menyampaikan dalam sambutannya, malam ini anak anak mendapat sedikit hiburan dengan nonton bareng, namun ambillah hikmah dari film tersebut. Dari judul filmnya, beliau menyampaikan bahwa ada korelasi dengan Hadits Nabi yaitu jangan mengingkari janji. Karena sampai kapanpun janji itu akan terus dikejar dan dimintai pertanggung jawabannya.

“Saya berpesan, malam ini tidak sekedar nonton film, tapi juga ada hikmah yang luar biasa yang terkandung, yaitu jangan mudah untuk berjanji. Karena setiap janji pasti harus ditepati. Ini pendidikan karakter yang luar biasa.” Ungkapnya.

Sementara itu, ketua KPUD kabupaten Ponorogo,H.Munajad memberikan kata Sambutan antara lain, terimakasih kepada Pondok Pesantren Al Islam Joresan yang sudah menjalin kerjasama dengan KPUD Ponorogo. Hari ini sebagai bentuk partisipasi kami dalam ikut serta merayakan Hari Santri maka kita ingin bersilaturahmi dengan Santri dan Pondok Pesantren sekaligus mengadakan Sosialisasi Pemilih Pemula dengan tehnik nonton bareng film MENGEJAR JANJI karya KPU RI. Diharapkan dengan metode ini akan menambah daya tarik generasi millenial untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

Adapun maksud, tujuan dan sasaran sosialisasi adalah memberikan pemahaman dan informasi kepada pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu dan Pemilukada serentak tahun 2024 namun dikemas dengan suasana nonton bareng sekaligus menyambut moment Hari Santri Nasional. Karena kita tahu di pesantren banyak sekali pemilih pemula yang perlu dimaksimalkan keikutsertaan dalam pesta demokrasi tahun 2024 yang akan datang.

Antusias Pondok Pesantren Al Islam Joresan luar biasa, sekitar 850 santri menyaksikan film edukasi tersebut yang didampingi oleh Pimpinan pondok dan jajarannya. Serta dihadiri oleh 3 komisioner KPUD Ponorogo dan staff KPUD. Ditambah Lagi 2 PPK dari kecamatan Mlarak dan Jetis ikut serta nonton bareng film tersebut. (IIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *