Peringati Hari Santri Nasional 2023, MWC NU Bungkal Gelar Istighotsah Akbar Seribu Santri & Pembacaan Satu Miliar Shalawat Nariyah

Aswaja News – Ribuan santri (1300 orang) dari pesantren dibawah naungan lembaga Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama bersama Lembaga Pendidikan Ma’arif Kec. Bungkal dan Keluarga Besar Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kec. Bungkal Kab. Ponorogo menggelar munajat istighatsah Seribu Santri dan pembacaan Satu Miliar Shalawat Nariyah untuk mengetuk pintu langit Menggapai Nurullah, Seribu Santri di halaman masjid Ar Rahmah Desa Bedikulon, Sabtu malam Ahad (21/10/2023).

Acara dalam memperingati Hari Santri 2023 tersebut bertujuan untuk mendoakan para Muharrik dan Muassis serta pejuang Nahdlatul Ulama Kec. Bungkal Khususnya dan juga bangsa dan negara indonesia khususnya kabupaten Ponorogo aman tentram tanpa ada gangguan dan terbebas dari bencana apapun.

Munajat 1000 santri ini dilakukan oleh seribu santri dari unsur pondok pesantren di bawah naungan lembaga RMI Nahdlatul Ulama yang bekerjasama dengan LP. Ma’arif Kec. Bungkal dan juga keluarga besar MWC NU Kec. Bungkal.

Hadir dalam acara tersebut, jajaran Forkopimcam. Diantaranya sekretaris kecamatan Bungkal (Heru Pramono,), Danramil Bungkal (Kapten Cpl. Agus Suprapto, S.Sos) dan Kapolsek Bungkal (Iptu. Setyo Budi Santoso), dan Pimpinan MUI Kec. Bungkal serta jajaran serta segenap perangkat desa se-Kec. Bungkal.

Tak hanya dari kalangan Forkompincam, selain munajat istighotsah juga diisi mauidhoh Hasanah oleh KH. Marhaban Ahmad, M.Pd.I (Pengasuh Ponpes Ilhamul Qudus) Mrican Jenangan Ponorogo.

Doa bersama dalam Munajat 1000 santri di pimpin oleh Al Ustadz Imam Mahmudin (dari LBM MWC NU), beliau membacakan tahlil dan istighotsah untuk mendoakan para pejuang, ulama NU yang telah gugur dalam berjuang di Jam’iyyah Nahdlatul Ulama untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kec. Bungkal khususnya.
Adapun Do’a oleh Rais Suriyah MWC NU Kec. Bungkal (Kyai Qomaruddin).

Selain itu, para santri, kyai dan Keluarga Besar Warga Nahdliyin MWC NU Kec. Bungkal, juga membacakan Sholawat Nariyah agar Indonesia khususnya Kec. Bungkal kabupaten Ponorogo aman tentram tanpa ada gangguan dan dijauhkan dari mala petaka berbagai bencana dan balak.

Do’a bersama munajat 1000 santri ini juga sebagai upaya dalam mengajak semua lapisan umat muslim untuk menjalin persaudaraan, menjalin ukhuwah islamiyah dan wathoniah kepada sesama masyarakat guna terjalin tali persaudaraan yang erat.

Oleh sebab itu, pemerintah kec. Bungkal sangat mendukung adanya kegiatan munajat 1000 santri dalam memperingati Hari Santri Nasional 2023 dengan tema Jihad Santri untuk Kejayaan Negeri.

Menurut Heru Pramono (Sekretaris Kecamatan Bungkal) ditemui disela sela acara, kegiatan ini juga selaras dengan program Kecamatan Bungkal dalam mengajak masyarakat khususnya warga muslim untuk tetap bersatu dalam membangun Kec. Bungkal yang lebih baik sesuai cita-cita bersama.

Beliau berharap warga membangun Bungkal yang lebih Inovatif, Sejahtera, Mandiri dan Berkelanjutan sesuai visi misi Kec. Bungkal.

“Oleh karena itu kyai, santri dan umat untuk memperkuat persatuan dan kesatuan demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia guna memujudkan tata kehidupan kabupaten Ponorogo aman, tentram, damai dan sejahtera serta dapat memantapkan keimanannya kepada Allah SWT,” kata sekretaris kecamatan (Heru Pramono, S.Sos., M.Si)

Munajat 1000 santri ini diikuti sebanyak 5 pesantren se kec. Bungkal dibawah naungan Lembaga RMI Nahdlatul Ulama Ponorogo dan 7 lembaga pendidikan Ma’arif NU Kec. Bungkal dan seluruh jajaran pengurus MWC NU, pengurus ranting NU se-Kec. Bungkal serta Warga Nahdliyin di Wilayah Kec. Bungkal.

“Kegiatan yang diisi dengan pembacaan sholawat dan do’a para santri agar lebih mencintai NKRI dan mengedepankan sikap toleran antar sesama agar tidak terjadi perpecahan dan terwujudnya masyarakat yang harmoni,” jelas Ketua Tanfidziyah MWC NU Kec. Bungkal.
Adapun rangkain kegiatan HSN 2023 MWC NU Kec. Bungkal selain Do’a Munajat 1000 santri antara lain : Ziarah Makam Auliya Ponorogo (14/10/2023), Upacara HSN 2023 (22/10/2023) bertempat di Lapangan Desa Nambak, dan Jalan Sehat Sarungan 1000 santri (29/10/2023) start dan finish di Halaman Kantor MWC NU Kec. Bungkal. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *