Manfaat Minum Air Putih Hangat yang Jarang Diketahui

Rutin minum air hangat memiliki banyak khasiat kesehatan. 

Aswaja News- Apa sih yang pertama kamu lakukan saat bangun tidur di pagi hari? Kebanyakan orang mungkin akan langsung mengecek smartphone mereka untuk sekadar melihat notifikasi atau melihat jam dan kemudian lanjut tidur. Namun, tak sedikit juga orang yang langsung bangun dan mengambil segelas air hangat untuk diminum, ini karena mereka yakin bahwa minum segelas air hangat di pagi hari bisa mendatangkan banyak manfaat.

Di antara banyak pilihan minuman, air hangat adalah yang paling mudah untuk disiapkan. Beberapa ahli gizi pun menyarankan agar menjadikan minum air hangat di pagi hari sebagai kebiasaan. Seperti diketahui bahwa manusia 60 persen terdiri dari air dan penting untuk menjaga tetap tetap terhidrasi. Beragam studi mengungkapkan manfaat minum air hangat, mampu meningkatkan metabolisme, mengencangkan usus, baik untuk daya pencernaan, meningkatkan relaksasi, hingga menyembuhkan tubuh dari dalam.

Beberapa peneliti merekomendasikan suhu optimal antara 54 hingga 71 derajat Celcius, untuk mencegah luka bakar atau melepuh. Berikut ini manfaat minum air hangat di pagi hari yang baik untuk kesehatan, seperti dihimpun dari berbagai sumber.

A. Meredakan Hidung Tersumbat

Secangkir air hangat menghasilkan uap. Memegang dan menghirup uap lembut ini dalam-dalam, dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat bahkan meredakan sakit kepala. taran memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan, minum air hangat di pagi hari akan membantu menghangatkan area tersebut.

B. Membuang Racun

Manfaat minum air hangat di pagi hari selanjutnya ialah baik untuk membersihkan racun dari tubuh. Ini juga membantu memecah makanan dan memberi energi pada sistem pencernaan. Jadi lebih mudah mencerna. Jika Anda mengalami masalah terkait perut seperti sembelit, asam lambung, atau bahkan batuk, pilek, teruslah minum air hangat untuk meredakannya.

C. Membantu Sistem Pencernaan

Sejatinya, minum air itu membantu menjaga sistem pencernaan tetap berjalan. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang limbah. Manfaat minum air hangat di pagi hari ini akan membantu melarutkan makanan yang mungkin sulit dicerna oleh tubuh.

D. Pereda Sakit

Tak sedikit yang meyakini bahwa air hangat memberikan bantuan instan bagi migrain, jenis sakit kepala lainnya, serta nyeri saat menstruasi. Panas yang dihasilkan oleh air hangat dikenal karena efek penyembuhannya pada otot perut. Memberikan bantuan mengatasi kejang dan kram.

E. Meredakan Sembelit

Manfaat minum air hangat membantu dalam mengobati bahkan sembelit kronis. Terutama minum air hangat di pagi hari saat perut kosong membantu meningkatkan pergerakan usus, meredakan sakit perut, memecah makanan dan membantu mereka melewati usus dengan lancar. Lantas menstimulasi usus untuk membantu tubuh kembali berfungsi normal.

F. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Aliran darah yang sehat memengaruhi segalanya, mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular. Bahkan mandi air hangat membantu organ peredaran darah berkembang dan membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh. Minum air hangat memiliki efek yang sama.

G. Pencegah Penuaan Dini

Lantaran manfaat minum air hangat baik untuk sirkulasi darah, ini memberi dampak positif bagi kesehatan kulit. Bahkan minum air hangat membantu memperlambat proses penuaan, dengan memperbaiki sel-sel kulit serta meningkatkan elastisitas. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih, minumlah air hangat dengan sedikit lemon. Karena melindungi keseimbangan pH tubuh. Minumlah setiap hari agar wajah bersih dari jerawat, ruam, kerutan dan flek hitam.

Seperti contoh diatas manfaat minum air hangat untuk tubuh. Sangat banyak, bukan? Tak hanya dapat mengatasi sembelit, konsumsi air hangat juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan gigi.Setiap orang perlu minum air yang cukup setiap harinya. Cobalah untuk minum air hangat setiap hari karena selain memiliki banyak manfaat, juga dapat membantu mencukupi asupan cairan tubuh. Rata-rata setiap orang dewasa memerlukan 6-8 gelas air setiap hari.  (Sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *