7 Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan

Manfaat air kelapa banyak ditemukan pada kelapa muda yang berwarna hijau.

Aswaja News- Air kelapa atau dalam bahasa ilmiahnya Cocos Nucifera memiliki manfaat untuk tubuh, tidak hanya menyegarkan tenggorokan saja. Air kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan terutama bagi kaum perempuan. Air kelapa bisa mencegah muntah-muntah dan mengobati dehidrasi. Tak hanya itu air kelapa juga mengandung potasium, sodium, elektrolit, kalsium, vitamin C dan mengandung Lauric Acid serupa dalam asi yang dibutuhkan dalam masa kehamilan. Air kelapa bermanfaat sebagai Antibakterial dan juga membunuh  bakteri  penyebab infeksi dalam tubuh. Maka Minumlah air kelapa dua kali sehari untuk kesehatan dan penyembuhan infeksi.

Selain itu, Air kelapa juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan loh karena mengandung mineral murni yang sangat baik untuk mempercepat metabolisme dalam tubuh dan menghasilkan energi yang dapat digunakan pada saat berolahraga untuk membakar kalori dikarenakan air kelapa mengandung elektrolit yang meningkatkan metabolisme anda dan dapat membuat kulit menjadi lembab, bersih dan lembut.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1.Mengandung Antioksidan
Molekul reaktif yang dihasilkan sel dikenal sebagai radikal bebas. Nah, sel-sel manusia memproduksinya selama metabolisme. Punya terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh, akan menyebabkan keadaan stres oksidatif. Di mana hal itu berbahaya dan bisa meningkatkan risiko suatu penyakit. Nah, air kelapa juga mengandung berbagai antioksidan. Air kelapa membantu dalam pengurangan stres oksidatif, yang juga membantu memerangi radikal bebas. Untuk mendapatkan banyak antioksidan, sebaiknya kamu pilih air kelapa yang segar.

2.Minuman Rendah Kalori
Air kelapa adalah minuman yang rendah kalori. Sebagian besar minuman seperti soda atau jus, akan mengandung lebih banyak gula dan karbohidrat daripada air kelapa. Dengan demikian, air kelapa ini bisa memberikan penyegaran dengan kalori lebih rendah daripada minuman manis. Tapi, jika ingin mengkonsumsi air kelapa dalam bentuk kemasan, kamu harus berhati-hati dan membaca label dan kandungannya.

3.Menurunkan Gula Darah
Air kelapa dipercaya membantu mengelola manajemen gula darah pada hewan diabetes. Tetapi, penelitian serupa pada manusia masih kurang. Meski demikian, air kelapa juga mengandung magnesium. Magnesium akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu juga membantu menurunkan kadar gula darah pada diabetes tipe 2 dan pra diabetes. Diketahui, air kelapa mengandung karbohidrat. Namun, tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi gula. Jika kamu menderita diabetes, kamu perlu bicarakan dengan ahli kesehatan sebelum memasukkan air kelapa ke dalam makanan kamu ya.

4.Baik untuk Kesehatan Jantung
Air kelapa meningkatkan kadar high-density lipoprotein. Tingginya kadar high-density lipoprotein itu, akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam penelitian tahun 2019 oleh Siti Thomas Zulaikhah, menunjukkan kalau air kelapa memiliki efek perlindungan jantung pada tikus. Air kelapa tersebut mampu melindungi tikus dari perkembangan infark miokard atau serangan jantung.

5.Membantu Mencegah Batu Ginjal
Salah satu manfaat air kelapa untuk kesehatan untuk membantu mencegah penyakit batu ginjal. Batu ginjal akan terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan kristal lainnya membentuk sebuah kristal urin. Kristal-kristal itu, selanjutnya akan menyatu sehingga membuat batu-batu kecil. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap terhidrasi, dalam menghindari batu ginjal. Air putih biasa memang pilihan yang bagus, namun air kelapa juga bisa berfungsi sebagai pertahanan yang baik untuk mencegah batu ginjal.

6.Membantu Menurunkan Berat Badan
Air kelapa punya sifat rehidrasi yang sangat penting, untuk mengisi kembali setiap sel dalam tubuh dan metabolisme. Banyak orang keliru rasa hausnya dengan rasa lapar. Di mana hal itu mungkin menyebabkan seseorang bisa makan berlebihan, yang bisa membuat penambahan berat badan. Air kelapa juga mengandung lebih sedikit kalori, dibandingkan minuman lain (seperti soda dan jus). Oleh karena itu, meminum air kelapa juga mampu membantu dalam penurunan berat badan.

7.Membantu Membuat Kulit Cerah dan Punya Efek Anti Penuaan
Mengalami dehidrasi bisa menyebabkan kulit kering. Kulit kering juga bisa terjadi karena punya sirkulasi darah yang buruk. Nah, air kelapa bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan hidrasi, yang juga membantu meningkatkan sirkulasi darah. Oleh karena itu, dengan meminum banyak air kelapa akan membantu kulit kamu cerah bercahaya. Antioksidan yang ada dalam air kelapa juga mungkin memiliki efek anti penuaan, berarti air kelapa ini juga membantu menghilangkan keriput di wajah lho.

Air kelapa mengandung sumber karbohidrat, elektrolit, vitamin C yang rendah kalori serta rendah lemak. Banyaknya kandungan yang ada pada air kelapa, membuatnya memiliki segudang manfaat. Air kelapa adalah minuman alami yang segar yang penuh elektrolit, sehingga bisa bermanfaat bagi jantung kamu, memoderasi gula darah, membantu meningkatkan kesehatan ginjal, dan membuat kamu tetap terhidrasi setelah berolahraga.

Nah, itu tadi informasi seputar kandungan dan manfaat air kelapa untuk kesehatan. Bagaimana sahabat Aswaja News jadi paham kan jawaban dari apa saja manfaat air kelapa untuk kesehatan? (Sal)



























Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *