Fokus ke Riset dan Publikasi, ISNU Ponorogo Launching Omah Jurnal

Aswaja News – Kumpulan cendekia muda nahdiyyin Ponorogo yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) resmi dilantik di gedung Roudhoh Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Sabtu (8/7/2023). Dihadiri oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko beserta Forkopimda, Ketua Umum PP ISNU Dr. KH Ali Masykur Musa, M.Si, M.Hum beserta PW ISNU Jatim.

Kang Bupati – sapaan akrab Sugiri Sancoko – mengatakan dalam sambutannya mengharapkan terjalin sinergitas antara ISNU dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, melalui program kerjanya. Dengan cara meriset dan mengkaji semua potensi yang ada. Salah satunya dibidang pertanian. ”ISNU harus mengkaji dan meriset itu, untuk menyiapkan bonus demografi,” kata Kang Bupati.

Dirinya mengungkapkan, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama dalam memajukan dan mengembangkan Ponorogo kedepannya. Apresiasi diberikan oleh Bupati kepada ISNU, karena telah melaunching Omah Jurnal ISNU (OJISNU) sebagai wadah menuangkan hasil risetnya. ”Rasa-rasanya membayangkan penelitian itu sulit. Tapi ISNU berani itu luar biasa,” ungkapnya.

Disamping itu, ketua ISNU Ponorogo Agus Setyawan mengatakan. Sudah semestinya Organisasi itu mewadahi anggotanya untuk berproses. Salah satunya dalam bidang keilmuan itu riset. Oleh sebabnya OJISNU di launching dan menjadi salah satu programnya. ”Tanggung jawab keilmuan para sarjana itu riset, dan salah satu wadahnya adalah Jurnal,” Kata Agus yang juga sebagai Dosen di Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo.

Dirinya mengungkapkan, Rumah Jurnal yang dikelola oleh ISNU Ponorogo saat ini terdapat 6 jurnal ilmiah yang mencakup bidang pendidikan, kesehatan, sosial-budaya, ekonomi, hukum dan IT (Informasi Teknologi). Semua hasil riset yang terbit di jurnal ditulis dengan bahasa Inggris. Mulai terbit pertama sampai dengan seterusnya tidak ada yang berbahasa Indonesia. ”Karena cita-cita kita di tahun kedua kepengurusan diajukan ke Scopus dan diakhir kepengurusan sudah terindeks,” ungkapnya. (Sug)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *