Jama’ah Masjid Agung Cokronegoro Melaksanakan Kurban Bersama

Aswaja News – Moment Hari Raya Idul Adha 1444 H tahun ini menjadi istimewa untuk jamaah Masjid Agung R.A.A. Cokronegoro karena bisa melaksanakan ibadah kurban bersama-sama.

Betapa tidak, seperti yang diungkapkan oleh Kyai Muqorrobin selaku Takmir Masjid Cokronegoro bahwa tahun ini ada 11 Sapi, ( 9 sapi dari jamaah, 1 sapi dari Gubernur dan 1 sapi dari Bupati) dan 4 kambing.

Pelaksanaan kurban dilakukan di halaman masjid sebelah utara mulai jam 08.00 hingga selesai setelah ada prosesi serah terima dari Bupati Ponorogo kepada Takmir setelah selesai sholat Id hari Kamis (29/06).

“Tahun ini kita mendapat amanah dari para jama’ah cukup banyak hewan kurban, semoga bermanfaat bagi yang berkurban dan yang menerima” ucap Kyai Muqorrobin. “Proses penyembelihan sampai distribusi daging dilakukan oleh panitia yang sudah ada dan berpengalaman setiap tahunnya” imbuhnya.

Setiap satu ekor sapi diberi kalung bertuliskan nama-nama para pengorban sebanyak tujuh orang sebagai bentuk korban berjamaah.

Dalam ajaran fiqih diperbolehkan satu ekor sapi diatasnamakan untuk tujuh orang. Lebih afdhol setiap orang satu ekor kambing. Setelah disembelih dagingnya dibagikan kepada para faqir miskin disekitarnya.

Perlu diketahui bahwa tahun ini pelaksanaan Idul Fitri dan Idul Adha terjadi perbedaan tanggal antara Pemerintah dan NU dengan Muhammadiyah. Pemerintah menetapkan jatuh tanggal 29 Juni (Kamis) yang diikuti oleh ormas NU, sementara itu Muhammadiyah pada tanggal 28 Juni (Rabu). (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *