Bertemakan Angleluri Budoyo Jawi, MTs As Salam Sooko Adakan Purna Wiyata Spektakuler

Aswaja News – Berupaya tetap melestarikan budaya Jawa, MTs As Salam Sooko Ponorogo melaksanakan purna Wiyata dengan cara yang unik. Betapa tidak, semua prosesi purna Wiyata dikemas dengan menggunakan adat Jawa, mulai MC, sambutan wakil siswa, wakil wali murid bahkan kepala madrasah juga menggunakan bahasa Jawa.

Purna Wiyata yang berlangsung hari Sabtu, 17 Juni 2023 di Balai desa Suru Sooko ini dihadiri oleh 800 undangan baik dari Yayasan, Forpimcam, MWC NU, Muslimat, Fatayat, GP Ansor, Banser, IPNU-IPPNU ,perangkat desa ,tokoh Masyarakat Sooko.

Lebih mengesankan lagi, semua hiburan baik, ora acara berupa gamelan Jawa, reog Ponorogo bahkan acara seremonial diiringi gamelan dan sholawat Jawa.

Begitu apiknya kemasan Purna Wiyata ke 27 ini mendapatkan apresiasi dari Forkopimcam, MWC NU, Muslimat dan banom NU lainnya.

Lukman Wahidi, Camat Sooko dalam sambutannya menyampaikan, begitu pentingnya pendidikan anak. Bukan hanya kewajiban guru atau ustadz di madrasah tapi juga orang tua mempunyai kewajiban yang luar biasa terhadap pendidikan anak terutama untuk kehidupan berikutnya di dunia maupun di akhirat. Maka sangatlah tepat kalau disekolahkan di madrasah.

Camat yang baru menjabat di Sooko ini menambahkan, kagum dengan MTs As Salam Sooko, walaupun berada di kecamatan pinggiran namun mampu berinovasi yang luar biasa, selain mengajarkan pendidikan tapi juga mengajarkan pendidikan umum yang dinamis bahkan tanpa meninggalkan budaya lokal yang luar biasa seperti yang tampak dalam acara Purna Wiyata ini.

Kepala MTs As Salam Sooko Dra.Siti Kholifah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua wali murid atas kepercayaannya sehingga tahun ini mampu mewisuda 51 siswa akhirnya yaitu kelas IX. Ditambahkan walaupun madrasah berada di pinggiran tapi prestasinya tidak diragukan lagi, selain Madrasah Ramah Anak juga merupakan madrasah Adiwiyata tingkat Propinsi Jawa Timur.

MTs As Salam yang berada di bawah Yayasan As Salam Sooko juga merupakan satu-satunya madrasah binaan LP MA’ARIF PONOROGO yang berada di Kecamatan Sooko yang terus eksis dalam mengembangkan sinergitas pendidikannya mulai RA, MI, dan MTs di Kecamatan Sooko. (iim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *