Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-79, Lesbumi MWC NU Bungkal Gelar Festival Samproh/Hadroh

Aswajanews – Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79, berbagai kegiatan dilakukan oleh masyarakat dan juga ormas, tak ketinggalan MWC NU Bungkal, yang dipelopori oleh Lesbumi dan PAC Gerakan Pemuda Ansor Bungkal bekerjasama dengan pemerintah kecamatan Bungkal menggelar festival Samproh/Hadrah.

“Dengan Ilmu Hidup Menjadi Mudah, Dengan Seni Hidup Menjadi Indah, Dengan Agama Hidup Menjadi Terarah” ungkapan tersebut Sebagai Motivasi dalam kegiatan festival Samproh/Hadrah yang diselenggarakan keluarga besar Nahdlatul Ulama’ Kec. Bungkal.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 Group Samproh/Hadrah se-Kecamatan Bungkal melalui perwakilan masing-masing Ranting Muslimat dan Fatayat, bertempat di Halaman MTs. MA. Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo, Sabtu – Ahad (10 – 11/8/2024).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Camat Bungkal Bapak Wasis, M.Si. Dalam sambutannya beliau mengatakan, bahwa setiap tahun perlombaan seperti ini akan rutin dilaksanakan, dalam rangka merayakan HUT Kemedekaan RI.

Sebagai wujud rasa nasionalisme, cinta NKRI, dan kami ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada warga Nahdlatul Ulama Kec. Bungkal yang selama ini menjalin ukhuwah dan silaturrahim secara intens dengan pemerintah Kecamatan Bungkal.

“Hari ini diadakan festival samproh dan hadroh, sebagai bentuk rasa cinta tanah air, cinta NKRI. samproh/hadroh merupakan budaya islam yang harus kita jaga kelestariannya serta untuk syiar Islam yang ramah akan budaya, khususnya di Kecamatan Bungkal yang mulai punah dan ditinggalkan. Dan diharapkan bisa dijadikan sebagai embrio program Desa religi dan berbudaya,”ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Lukmanul Hadi (Ketua Tanfidziyah), untuk peserta diikuti oleh perwakilan setiap Ranting NJ se-Kecamatan Bungkal. Juga ikut memeriahkan Tim Penggerak PKK (Ibu-ibu kepala desa) se-Kec. Bungkal, dan untuk juri sengaja didatangkan dari luar Kecamatan Bungkal, dengan harapan mendapatkan juara-juara yang berkualitas.

“Saya berharap, generasi muda dapat termotivasi untuk ikut melestarikan budaya Islam yang adiluhung dan punya nilai estetik, mohon kepada tokoh masyarakat, tokoh agama diberikan arahan dan motivasi agar generasi muda ikut berpartisipasi mewarnai dalam memperjuangkan nilai-nilai budaya islam,”pungkasnya.

Dalam event lomba ini memperebutkan Tropy Bergilir Camat Bungkal sebagai berikut:

Juara 1 : 1.750.000 + trophy
Juara 2 : 1.400.000 + trophy
Juara 3 : 1.000.000 + tropy

Harapan 1 : 500.000 + tropy
Harapan 2 : 350.000 + tropy
Harapan 3 : 250.000 + tropy

*** (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *